Berita Rancah, RANCAH POST – Warga Dusun Kiarapayung, Desa Kiarapayung, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dibuat resah oleh kehadiran monyet liar yang berkeliaran di pemukiman warga.

Pasalnya, monyet itu kerap mencuri telur ayam hingga menyerang dan memangsa ratusan hewan ternak milik warga, seperti ayam dan kambing.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, korban yang sudah tercatat di desa ada puluhan ekor kambing serta ratusan ekor ayam. Akibatnya warga pun mengalami kerugian yang mencapai puluhan juta rupiah.

Melansir Detik.com, Kepala Desa Kiarapayung, Dedi, membenarkan soal teror monyet liar yang meresahkan warga desanya. Kendati begitu, hingga pihaknya belum mengetahui asal-usul monyet tersebut bisa sampai ke Desa Kiarapayung.

Disebutkan monyet itu sebetulnya mulai muncul September 2021 lalu, namun kini kembali muncul dan mulai meresahkan warga lagi.

Menurut Dedi, selama ini warga Kiarapayung tidak ada yang memelihara monyet. Sehingga ia juga merasa heran dengan kemunculan monyet tersebut.

Setelah dihitung, total kerugian warga akibat ulah monyet yang menyerang ternak itu diperkirakan mencapai Rp 45 juta.

“Hewan ternak ada yang mati, yang hidup juga kondisinya sudah terluka seperti luka sobek di bagian kaki hingga leher. Tidak tahu di gigit atau dicakar,” jelasnya.

Dedi pun khawatir monyet itu tidak hanya menyerang ternak, namun juga manusia. Mengingat ukuran monyet itu cukup besar.

Kini, warga dan Pemdes pun melakukan perburuan untuk menangkap monyet yang meresahkan warga itu. Perburuan ini diketahui sempat melibatkan Perbakin Ciamis.

Akan tetapi, sampai saat ini monyet belum berhasil tertangkap karena hewan itu cukup lincah dan gesit saat akan ditangkap.

Pihak desa pun melaporkan kejadian ini ke BKSDA Ciamis. Masyarakat diimbau untuk tidak terlalu panik dengan kehadiran monyet liar itu. Petugas akan bersiaga dan patroli selama 24 jam.

BACA JUGA: Dalam Semalam, 11 Ekor Kambing Milik Warga Desa Sukasari Raib Digondol Maling

Sementara itu, beredar isu bahwa monyet yang berkeliaran di Desa Kiarapayung, Kecamatan Rancah, diduga merupakan hewan jadi-jadian. Kabarnya, monyet diduga jadi-jadian itu kebal ditembak dan berubah jadi besar seperti gorila serta mengganas pada orang yang hendak memburunya.

Share.

Leave A Reply