Sosial Media, RANCAH POST – Di saat para korban terdampak erupsi Gunung Semeru masih berduka, sejumlah orang justru memanfaatkan lokasi bekas bencana itu seolah menjadi tempat wisata untuk berswafoto.

Beberapa orang kedapatan asyik mengambil gambar di dekat aliran lahar dingin Gunung Semeru. Tentu hal ini langsung membuat banyak pihak geram, mereka pun dinilai tidak menghargai para korban.

Momen sejumlah orang berswafoto di lokasi erupsi Gunung Semeru itu sempat direkam warga dan videonya viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @mountnesia, terlihat beberapa orang asyik berswafoto di lokasi erupsi.

Tampak kepulan asap masih membumbung di area tersebut, dan lokasi gunung masih tertutup abu vulkanik, batu besar hingga pasir bekas muntahan.

Tempat bencana alam itu seolah menjadi destinasi wisata baru yang ramai dikunjungi orang-orang untuk mengambil gambar.

Perekam video pun menyayangkan atas kelakuan mereka yang seolah tidak memperhatikan aspek keselamatan karena nekat berfoto di tempat yang tidak semestinya.

“Lho malah dadi tempat wisata, lho nek aku meliput iki,” ucap perekam video.

Sontak saja, video sejumlah orang berswafoto di lokasi erupsi Gunung Semeru itu langsung menjadi sorotan publik.

Hal seperti ini seharusnya tidak dilakukan, terlebih di saat korban masih berduka karena perkampungan mereka telah tertimbun awan panas guguran Gunung Semeru dan masih banyak warga yang belum ditemukan.

“Mungkin kurang etis ya melakukan hal seperti ini ditempat yang sedang dilanda bencana, dimana banyak kesedihan yang diterima warga terdampak. Rumah hancur, mata pencaharian hilang, bahkan hingga ditinggal untuk selama – lamanya oleh keluarga tercinta.

Mari stop berkeliaran tak berfaedah ditempat bencana 🙏, ini bukan tempat wisata dulur,” tulis akun Instagram @mountnesia dalam keterangan unggahannya. Lihat videonya di sini.

rico_hidayatt, “wanita akhir zaman. yg lebih mengutamakan kebutuhan media sosial nya. ketimbang mementingkan kehidupan Bagaimana dia bisa bersosial dilingkungan sekitar nya.”

njie2148, “Hatinya gak peka ya nih orang udah tau lagi musibah disitu dia malah foto2 kek cacing, jadi bikin dosa orang aja”

ardhifirmansyah16, “Dmn rasa empatinya trhdp warga yg kehilangan tempat tinggal bahkan nyawanya,,, ampun ditiru nggih sg isih do sehat❤️”

BACA JUGA: Viral Video Kerbau Selamat dari Erupsi Gunung Semeru Meski Tubuhnya Terkubur Lahar

ekofebriy, “Warga setempat sedang berduka, yg jauh sedang usaha galang dana, kok ini bisa bisanya”

Share.

Leave A Reply