Berita Ciamis, RANCAH POST – Ribuan massa dari sejumlah wilayah di Priangan timur mengikuti Tasyakur Reuni 212 yang digelar di Masjid Agung Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Kamis 2 Desember 2021.

Diketahui peserta Tasyakur Reuni 212 itu berasal dari berbagai pondok pesantren dan masyarakat umum dari wilayah Ciamis, Banjar, Tasikmalaya, Pangandaran, Garut, dan Sumedang.

Massa mulai berdatangan ke Masjid Agung Ciamis sejak dini hari, lalu mereka melaksanakan salat Subuh berjamaah. Kegiatan selanjutnya adalah doa bersama untuk negara Indonesia.

Lalu, peserta Tasyakur Reuni 2021 itu langsung berkumpul di halaman Masjid Agung Ciamis. Setelah itu, mereka bersilaturahmi dan mendengarkan sambutan-sambutan dari para ulama serta tokoh sejumlah daerah.

Melansir dari Detik.com, dalam acara Tasyakur Reuni 212 di Masjid Agung Ciamis ini juga turut dihadiri oleh Ketua MUI Kabupaten Ciamis Syarif Hidayat.

Beliau yang juga Pimpinan Pesantren Al Hasan Ciamis mengaku bersyukur karena dapat berkumpul bersama para santri dalam acara tersebut.

“Lima tahun lalu umat Islam bisa memperlihatkan dan teladan seluruh bangsa. Dengan adanya acara 212 di Monas Jakarta. Telah menggebrak dunia sama-sama hadir ke Jakarta walaupun tidak ada kesempatan memakai kendaraan. Santri berjalan kaki saat itu sehingga sampai ke Monas,” ucap Syarif.

Syarif menjelaskan terkait alasan reuni 212 ini harus tetap dilaksanakan. Ia mengatakan, aksi 212 merupakan momen sakral baginya dan tak akan dilupakan sampai kapanpun.

Dalam kesempatan itu, Syarif pun menegaskan reuni 212 ini bukanlah ingin memberontak pemerintah dan perlawanan kepada aparat, namun sebagai bentuk kecintaan dan keimanan.

“Untuk itu acara seperti ini kita lestarikan setiap tanggal 2 Desember meski bentuknya mungkin berbeda-beda. Dari subuh kita berjamaah, lalu doa bersama,” ujarnya.

“Sekarang kita silaturahmi, kita doakan semoga pemerintah Indonesia diberikan iman dan takwa. Semoga selalu diberikan perlindungan. Terimakasih kepada TNI-Polri dan Bupati Ciamis atas perannya, insyaallah dicatat sebagai amal baik,” sambungnya.

BACA JUGA: Pondok Pesantren Sabilunnajat Rancah Ciamis Tertimbun Longsor, 3 Santri Terluka

Sementara itu, kegiatan yang mendapat pengawalan dari Polres Ciamis dan Kodim 0613 Ciamis itu diketahui berlangsung lancar serta tertib.

Share.

Leave A Reply