RANCAH POST – Samsung secara diam-diam telah meluncurkan smartphone Galaxy A terbarunya, yaitu Galaxy A13 5G di Amerika Serikat. Sesuai namanya, smartphone ini diposisikan sebagai penerus dari Galaxy A12 yang rilis pada November 2020 lalu.

Selain sudah mendukung jaringan 5G, Galaxy A13 5G juga hadir dengan sejumlah peningkatan, terutama di sektor kamera.

Mulai dari depan, HP Samsung Galaxy A13 5G mengusung layar Infinity V berukuran 6.5 inci dengan resolusi 720 x 1.600 piksel. Ya, meski resolusi layarnya mentok di HD+ tapi perusahaan telah menyisipkan fitur refresh rate 120 Hz.

Di dalam notch atau poni berbentuk huruf V yang terpatri di bagian tengah atas layarnya itu diletakan kamera beresolusi 5 MP f/2.0 yang cukup handal untuk mengabadikan momen selfie berharga dengan orang tersayang maupun untuk melakukan video call.

Sedangkan di punggungnya terdapat tiga buah kamera yang didesain menyerupai Galaxy A32. Ketiga kamera belakang ponsel ini terdiri dari kamera utama 50 MP f/1.8, depth sensor 2 MP f/2.4 dan makro 2 MP f/2.4.

Untuk performa, hp 5G terbaru Samsung ini diperkuat oleh chipset MediaTek Dimensity 700 yang dikombinasikan dengan memori penyimpanan 64 GB. Sayang, kapasitas RAM ponsel ini masih belum diketahui.

Tapi sebagai gambaran, sang pendahulunya yaitu Galaxy A12 dibekali empat pilihan RAM yang terdiri dari 2 GB, 3 GB, 4 GB dan 6 GB. Mengingat banderol harganya berada di atas Rp 3 jutaan, Galaxy A13 5G tampaknya tersedia dalam opsi RAM 4 GB dan 6 GB.

Di sektor perangkat lunak, perangkat ini sudah menjalankan sistem operasi Android 11 serta dibekali baterai 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 15W.

Tak jauh beda dengan ponsel Android lain pada umumnya, Galaxy A13 5G juga punya pemindai sidik jari di samping, NFC, WiFi, Bluetooth, GPS, port USB-C dan jack audio 3.5 mm.

Di Negeri Paman Sam, smartphone ini dilepas dengan banderol 250 USD (sekitar Rp 3.5 jutaan) yang ditawarkan dalam varian warna Black dan Light Green. Masih belum diketahui apakah Samsung akan memasarkan ponsel tersebut di Indonesia atau tidak.

Terlepas dari hal itu, saat ini sudah ada tanda-tanda mengenai kehadiran hp terbaru Samsung lainnya, yaitu Galaxy A03 di Indonesia.

Samsung Galaxy A03 sudah muncul di situs P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) dalam nomor sertifikat 11061/SJ-IND.8/TKDN/11/2021.

BACA JUGA: Samsung Gulirkan Update One UI 4, Ini Deretan Fitur Terbarunya

Kendati begitu, masih belum diketahui kapan Samsung Galaxy A03 akan rilis di Indonesia. Bahkan hingga detik ini, perusahaan asal Korea Selatan tersebut masih belum mengungkap negara mana saja yang akan menjadi target penjualan Galaxy A03.

Share.

Leave A Reply