RANCAH POST – Chipset Snapdragon 8 Gen1 resmi diperkenalkan lewat sebuah acara bertajuk Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2021. Chip tersebut digadang-gadang membawa peningkatan performa yang sangat signifikan dibanding Snapdragon 888 Series.

Tak berselang lama setelah acara perilisan Snapdragon 8 Gen1 berakhir, Lei Jun yang menjabat sebagai CEO Xiaomi mengkonfirmasi bahwa Xiaomi 12 akan diperkuat oleh chipset terbaru dari Qualcomm tersebut.

Bahkan ia juga mengungkap bahwa Xiaomi 12 ‘akan segera tersedia’, tapi sayangnya ia tidak menyebut kapan acara peluncurannya akan diselenggarakan.

Xiaomi menjadi produsen smartphone pertama yang mengkonfirmasi akan menggunakan Snapdragon 8 Gen1 pada ponsel andalan terbarunya, kemudian diikuti oleh Motorola yang juga telah memberikan pengumuman bakal mengadopsi chipset serupa untuk menjadi dapur pacu perangkat buatannya, yaitu Moto Edge X30.

Artinya, jika Xiaomi ingin ponselnya jadi yang pertama di dunia dengan Snapdragon Snapdragon Gen1 maka mau tidak mau mereka harus bergerak cepat, sebab Motorola Edge X30 telah dikonfirmasi akan rilis pada tanggal 9 Desember di China.

Di lain sisi, tersiar pula kabar yang mengungkap bahwa Realme GT 2 Pro akan menjadi smartphone pertama di dunia yang debut dengan Snapdragon 8 Gen1.

Tak perlu bingung menentukan siapa yang pertama, sebab kita hanya tinggal menunggu apakah Xiaomi 12, Motorola Edge X30 atau Realme GT 2 Pro yang akan lebih dulu diluncurkan.

Selain Xiaomi, Realme dan Motorola perusahaan pembuat smartphone ternama lainnya, yaitu OnePlus, Nubia, Honor, Oppo, Realme, Sharp, Vivo, ZTE dan Black Shark juga bersiap untuk merilis smartphone rakitannya masing-masing dengan Snapdragon Gen1.

Kembali ke Xiaomi 12, handset ini sempat diberitakan bakal diumumkan pada tanggal 12 Desember mendatang. Laporan sebelumnya mengatakan bahwa perusahaan yang bermarkas pusat di China tersebut sebelumnya sudah menyusun rencana untuk merilis suksesor Xiaomi 11 ini pada tanggal 16 Desember.

BACA JUGA: Xiaomi Redmi Note 11T 5G Meluncur, Harganya Cuma Rp 3 Jutaan

Namun, karena pertimbangan tanggal cantik, waktu peluncuran Xiaomi 12 dimajukan ke tanggal 12 Desember bertepatan dengan Harbolnas 12.12. Di Twitter, Xiaomi bahkan sudah memposting sebuah video teaser yang menunjukan bahwa Xiaomi 12 sudah masuk tahap produksi massal.

Share.

Leave A Reply