RANCAH POST – Huami Amazfit kembali mengumumkan jam tangan pintar keluaran terbaru mereka, yakni Amazfit GT 3 Series di Indonesia yang mana didalamnya terdapat beberapa tipe smartwatch pabrikan terbaru mereka seperti Amazfit GTR 3, GTR 3 Pro, dan Amazfit GTS 3.

GTR 3 dan GTR 3 Pro memiliki tampilan bulat yang merupakan jam tangan pintar pertama dengan Zepp OS terbaru, yang menampilkan antarmuka yang telah disempurnakan.

Apabila Anda sedang mencari rekomendasi smartwatch keluaran terbaru Amazfit yang punya serangkaian fitur menarik serta harga tidak mencekik, mungkin Anda harus mempertimbangkan Amazfit GTR 3 atau GTR 3 Pro.

Tapi Anda mungkin akan merasa sedikit kebingungan untuk menjatuhkan pilihan antara Amazfit GTR 3 dan Amazfit GTR 3 Pro. Memang bukan pilihan yang mudah, mengingat spesifikasinya tidak memiliki banyak perbedaan.

Nah, sebagai referensi berikut adalah perbandingan spesifikasi Amazfit GTR 3 vs Amazfit GTR 3 Pro.

Perbedaan Amazfit GTR 3 vs Amazfit GTR 3 Pro

Amazfit GTR 3 Series
Amazfit GTR 3 Series. (IST)

Desain

Amazfit GTR 3 dan GTR 3 Pro mengadopsi desain yang sama, satu-satunya perbedaan antara kedua smartwatch tersebut adalah dimensi ukuran jam. Baik Amazfit GTR 3 maupun GTR 3 Pro terbuat dari paduan aluminium yang biasa digunakan untuk membuat pesawat dan memiliki berat hanya 32 gram.

Keduanya hadir dengan tampilan kaca melengkung dan layar bundar yang dapat dibeli dengan opsi tali kulit atau tali fluoroelastomer hitam.

Selain itu, kedua jam tangan pintar tersebut memiliki dua tombol, dengan salah satunya adalah Crown yang dapat digunakan untuk memilih menu dan notifikasi yang lebih terperinci. Tampilannya sangat minimalis dan elegan, cocok untuk Anda yang menginginkan perangkat yang mirip dengan jam tangan klasik.

Layar

Amazfit GTR 3 Series dilengkapi layar AMOLED bulat dengan kepadatan piksel tinggi serta menawarkan tingkat kecerahan sangat hingga 1000 nits.

Bezelnya sangat sempit dengan rasio layar terhadap bodi hingga 70.6% (66% untuk GTR 3 dan 70.6% pada GTR 3 Pro). Pihak perusahaan mengklaim bahwa kemampuan refresh rate pada kedua smartwatch barunya itu telah ditingkatkan sebesar 67% dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Versi standar mendukung lebih dari 100 tampilan jam, sementara Anda mendapatkan lebih dari 150 tampilan jam di GTR 3 Pro. Tampilan jam memiliki versi Always On Display yang pas dan dapat disederhanakan untuk mengurangi penggunaan daya.

Beberapa tampilan jam bahkan bisa diedit dan Anda pun dapat menyesuaikan widget untuk ditampilkan seperti detak jantung, langkah, cuaca, dan lainnya.

BACA JUGA: 7 Smartwatch Murah Berkualitas, Mulai dari Harga 50 Ribuan

Spesifikasi dan Perangkat Lunak

Berbarengan dengan peluncuran GTR 3 dan GTR 3 Pro, Huami memperkenalkan sistem operasi Zepp OS terbaru. Meski tidak sekuat Wear OS, tetapi mendukung aplikasi pihak ketiga yang bekerja pada kerangka kerja aplikasi yang dirancang untuk mengurangi penggunaan daya.

Beberapa aplikasi terintegrasi dengan Home Connect (alat untuk mengontrol perangkat rumah pintar). Amazfit sedang dalam tahap pengembangan aplikasi berbasis web yang memungkinkan setiap orang membuat tampilan jam dan aplikasi mereka sendiri kedepannya.

Sensor dan Konektivitas

Kedua jam tangan pintar ini dilengkapi dengan banyak sensor untuk melacak aktivitas fisik pada tingkat profesional. Keduanya menawarkan pelacakan detak jantung 24/7 dan pelacakan tingkat oksigen dalam darah berkat sensor SpO2.

Keduanya dapat mengukur kadar oksigen dalam darah hanya dalam waktu 15 detik serta mendukung pelacakan pola tidur.

GTR 3 Pro mendukung penentuan posisi satelit berdasarkan 5 konstelasi utama dan juga dapat melacak VO Max dan mengukur suhu, sedangkan GTR 3 tidak dapat melakukannya.

Dengan GTR 3 Pro Anda mendapatkan dukungan Alexa dan penyimpanan internal 2.3 GB untuk menyimpan musik dan podcast. Anda mungkin tidak terlalu mementingkan fitur-fitur yang disediakan oleh varian Pro, namun perlu digaris bawahi jika fitur-fitur yang disebutkan diatas dapat menjelaskan perbedaan harga antara kedua jam tangan ini.

Baterai

Daya tahan baterai Amazfit GTR 3 Pro adalah 12 hari untuk penggunaan normal, berkat dukungan fitur Battery Saver Mode Anda dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga sebulan penuh. Akan tetapi, jika Anda menggunakan pelacakan GPS secara terus menerus, itu hanya akan bertahan selama 35 jam.

Amazfit GTR 3 memiliki baterai yang bertahan hingga 21 hari untuk penggunaan normal atau 10 hari untuk kategori penggunaan berat.

Meskipun harga Amazfit GTR 3 lebih murah ia memiliki daya tahan baterai lebih lama daripada GTR Pro.

BACA JUGA: 7 Smartwatch Terbaik Dibawah 1 Juta

Harga

Untuk harganya sendiri, Amazfit GTR 3 bisa Anda miliki dengan merogoh kocek sebesar Rp 2.399.000, sedangkan harga resmi Amazfit GTR 3 Pro di Indonesia adalah Rp 3.199.000.

Share.

Leave A Reply