Sosial Media, RANCAH POST – Penipu calon pengantin wanita di Bogor, Jawa Barat yang beberapa waktu lalu sempat viral dan menghebohkan warganet di media sosial akhirnya ditangkap polisi.

Seperti kita ketahui, pelaku penipuan itu tak lain adalah calon mempelai pengantin pria berinisial DD. Terungkap fakta, ia tidak hanya tak datang pada hari H pernikahan, tapi juga tidak pernah menyewa gedung dan tidak pernah mendaftar nikah.

Wakapolresta Bogor Kota AKBP Ferdy membeberkan kronologi terkait kejadian itu. Ia mengatakan bahwa semuanya berawal dari laporan korban berinisial V. V dijanjikan dinikahi oleh kekasihnya, DD pada 14 November 2021 di Puri Begawan Kota Bogor.

“Si tersangka DD ini mengajukan pinjaman kepada saudara korban dengan alasan untuk melaksanakan booking tempat penyewaan WO dan perlengkapan pernikahan. Untuk lokasi pernikahan ini akan dilaksanakan di Puri Begawan di Kota Bogor,” ujar Ferdy di Bogor dikutip dari inews.id.

Ferdy mengungkapkan, keluarga korban pun memberikan uang sebesar Rp47,5 juta kepada DD untuk membantu proses sewa atau kelengkapan pernikahan lainnya.

Pada saat hari H yang dijanjikan DD yakni 14 November 2021, keluarga korban datang ke gedung Puri Begawan untuk melangsungkan akad nikah dan resepsi pernikahan.

Namun sesampainya di sana, gedung masih kosong dan tidak ada dekorasi pernikahan. Dari situlah terungkap jika tidak pernah ada pemesanan tempat atau perlengkapan pernikahan yang sebelumnya diakui oleh DD.

Lebih lanjut, kata Ferdy, setelah tiba di gedung tersebut korban beserta keluarga besarnya baru menyadari telah dibohongi oleh pelaku yang merupakan calon mempelai pria.

Setelah mengetahui dirinya ditipu, V pun melaporkan kasus ini ke Polrek Bogor Timur. Saat ini, pelaku sudah berhasil diamankan oleh anggota Polsek Bogor Timur dan sudah dilakukan proses penyidikan. DD pun kini sudah ditahan.

Diketahui, penipu calon pengantin wanita itu ditangkap tim Buser Polsek Bogor Timur di rumah kontrakannya di kawasan Citayam, Kabupaten Bogor, Kamis 18 November 2021.

Menurut keterangan sementara dari pelaku, uang tersebut dipakai untuk kebutuhan ekonomi. Meski begitu, Ferdy dan pihaknya masih mengembangkan kasus ini sekaligus mendalami hubungan tersangka dengan korban serta proses rencana pernikahan fiktif.

Aksi calon pengantin pria yang tega tipu calon istrinya sendiri ini viral setelah diungkap oleh make up artist (MUA) dengan akun Instagram @sylvara.makeup dan sejumlah akun di platform media sosial lainnya.

BACA JUGA: Undangan Sudah Disebar, Pengantin Wanita Batal Nikah Usai Kena Tipu Calon Suami dan WO

“Innalillahi, hari ini ga jadi makeupin wedding. Keluarga CPW (calon pengantin perempuan) kena tipu WO (wedding organizer). Gedung ga di-booking, ga ada dekor dan katering. Wo ga bisa dihubungin. Semoga keluarga tabah,” tulis salah satu slide unggahan akun @sylvara.makeup.

Share.

Leave A Reply