Di era perkembangan teknologi saat ini banyak hal canggih yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis salah satunya cara scan kode QR tanpa aplikasi.

Barcode atau kode batang biasanya memuat data optik yang dibaca oleh mesin yang berisikan identitas dan informasi mengenai suatu produk.

Scan kode QR sendiri bisa dilakukan dengan mudah, baik pada Android ataupun iOS, dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk mengetahui informasi dari suatu barang dimanapun kamu berada.

Dulu mungkin kamu sering menjumpai kode QR dan barcode hanya pada kemasan suatu produk saja. Namun kini, kode QR dan barcode juga digunakan pada aplikasi smartphone, seperti DANA, ShopeePay, GoPay dan lainnya.

Menariknya, untuk mengecek identitas produk kini kamu bisa melakukannya dengan mudah tanpa aplikasi tambahan, asalkan HP kamu memiliki koneksi jaringan internet.

Lalu bagaimana cara scan kode QR di smartphone? Untuk lebih jelasnya berikut kami akan mengulas cara scan QR Code tanpa aplikasi di smartphone Android  dengan mudah.

Cara Scan Kode QR Tanpa Aplikasi

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk scan QR Code tanpa aplikasi:

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu membuka aplikasi browser yang ada pada HP kamu, kamu bisa menggunakan Opera mini, Google Chrome dan lainnya.

  • Buka situs Web untuk melakukan scan, kamu bisa mengunjungi situs webqr atau klik disini.

    Scan Kode QR
    Scan Kode QR. (IST)
  • Selanjutnya Aktifkan kamera HP yang kamu gunakan. Situs ini bisa kamu gunakan untuk memindai barcode atau kode QR yang ada pada kemasan makanan, televisi, transaksi pembayaran dan lainnya.
  • Jika sudah aktif, arahkan kamera ke kode QR yang akan kamu scanning, pastikan kamu menempatkan kode QR secara pass pada kolom yang telah disediakan.
  • Tunggu beberapa saat, situs sedang memindai kode yang kamu scan.
  • Nantinya akan muncul halaman baru, berupa informasi dan data yang ada pada kode QR tersebut.
  • Klik Barcode untuk menampilkan hasil pemindaian secara mendetail. Biasanya kamu akan dibawa masuk halaman baru yang berisikan informasi dari barang atau produk lainnya yang memiliki kode tersebut.
  • Selesai.

Fungsi Kode QR dan Barcode

Adapun beberapa fungsi utama dari kode QR yang biasa kamu jumpai, berikut diantaranya:

  • Kode QR Digunakan Sebagai Media Promosi.
  • Menjadi Kartu Nama yang Berisikan Identitas.
  • Menghubungkan ke Jaringan WiFi.

Nah, itulah cara scan kode QR yang bisa kamu coba tanpa menggunakan apliaksi tambahan. Semoga membantu.

Share.

Leave A Reply