Berita Nasional, RANCAH POST – Publik dihebohkan dengan sebuah video yang memperlihatkan seorang unboxing kargo motor Ducati jelang race World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika.

Diketahui, Ducati Panigale V4R itu milik rider Michael Ruben Rinaldi. Padahal motor tersebut merupakan barang yang tidak boleh dipegang atau diutak-atik oleh siapapun, terkecuali tim Bea Cukai dan tim Ducati sendiri.

Jadi tidak sembarangan orang dapat membukanya, termasuk pihak panitia lokal. Hal itu demi mencegah terjadinya spionase atau sabotase dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, peraturan tersebut juga terkait dengan standar keamanan dan keselamatan rider yang akan menggunakannya.

Aksi pria berkemeja putih yang unboxing motor Ducati secara ilegal ini pun menjadi pemberitaan tidak sedap jelang gelaran balapan seri terakhir WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, video unboxing kargo Ducati di WSBK Mandalika itu diduga diunggah oleh sebuah akun YouTube bernama Soul Kuta Lombok yang terindikasi berdomisili di Lombok

Setelah menuai kritikan dari banyak pihak atas insiden unboxing tersebut, pengguna YouTube Soul Kuta Lombok segara menghapus konten yang diunggah di akunnya.

Selain itu, pengguna YouTube tersebut juga telah memberikan klarifikasi di media sosial dan meminta maaf terkait kejadian itu. Pihaknya juga telah menghapus video yang viral itu.

Menurut pengguna YouTube tersebut, motor sudah dibuka lebih dulu oleh pihak bea cukai. Dalam hal ini, ia mengakui kesalahannya karena tidak tahu aturan mempublikasikan foto dan video sebelum balapan.

“Klarifikasi motor di unboxing oleh pihak bea cukai untuk mengecek kelengkapan dokumen. Saat pengambilan gambar, motor sudah dalam kondisi terbuka,” tulis pengguna YouTube Soul Kuta Lombok.

“Saran, kalo bisa berita yang didapatkan jangan ditelan mentah-mentah ya? Tp saya faham. Ini dunia netizen. Berita pertama pasti dikira fakta. Tapi saya telah memvideokan proses pengecekan jadi saya minta maaf yang sebesar-besarnya untuk rakyat Indonesia telah membuat kalian malu,” sambungnya.

Akun tersebut pun mengungkapkan bahwa video langsung diprivasikan beberapa jam setelah diunggah.

“Terima kasih telah mengingatkan & memberi pelajaran yang sangat berharga dalam hidupku. Saya memang tidak tau sama sekali ini tidak boleh dipublikasikan. Video langsung saya privasikan beberapa jam setelah diuplod. Saya norak, saya gobl*k & Terima kasih Kalian memang luar biasa,” pungkasnya.

Melansir Kompas.com, terkait hal ini, bea cukai menegaskan bahwa video unboxing motor Ducati yang viral dan menghebohkan itu bukan berasal dari pihaknya.

BACA JUGA:Desain Sirkuit Jakabaring International Circuit Beredar di Internet

Pihaknya hanya melakukan dokumentasi sebagai bagian edukasi dan tanggung jawab pelaksanaan tugas. Pihak bea cukai Mataram pun menekankan, video unboxing lain yang ramai di media sosial bukanlah milik mereka.

Share.

Leave A Reply