Viral Video, RANCAH POST – Beberapa waktu lalu publik ramai menyoroti kejadian mobil berplat merah yang diduga enggan menepi dan hadang ambulans yang membawa pasien kecelakaan di Klaten, Jawa Tengah, pada Jumat 29 Oktober 2021.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat mobil ambulans terpaksa mengambil alih jalur lawan arah karena kondisi jalanan yang macet.

Semua kendaraan memberikan jalan dengan menepi ke bagian kiri. Namun, pengemudi mobil plat merah tampak tidak menepi padahal saat itu kondisinya sedang darurat.

Hingga laju ambulans pun harus terhenti dan sopir ambulans pun tampak memutuskan untuk turun dari mobil. Berdasarkan keterangan unggahan, kejadian itu terjadi di depan Kantor DPRD Kabupaten Klaten.

“Lokasi tepat di depan kantor DPRD Kab. Klaten. Kronologi ambulance membawa pasien Pasca Kecelakaan dari PMI Klaten dengan kode sirine (Pasien tenang) memutuskan mengambil alih lajur Lawan arah karena lajur yang sama macet total.

Semua kendaraan lawan arah sudah memberi jalan dengan menepi ke kiri, hanya mobil plat dinas tersebut yang enggan untuk menepi dan tetap melaju di depan ambulance dengan berhadapan sehingga membuat ambulance terhenti dan terhambat dalam melakukan tugas,” tulis akun Instagram @cctvambulanceindonesia dalam keterangan unggahannya. Lihat videonya di sini.

Kolom komentar unggahan video tersebut langsung diserbu berbagai macam tanggapan dari warganet di media sosial.

emergencyresponseindonesia, “@kominfoklaten tolong ditindak tegas, sangat-sangat memalukan, padahal kalangan pemerintahan, tidak memberikan contoh yang baik kepada masyarakat tentang prioritas Ambulans 🙏🙏🙏”

dani_nuryadin, “Ini mesti di diklat lagi UU Lalulintas..malu kalau plat merah kayak gitu..”

bimoajifardhan, “Hadeuuh..proses itu Avanza hitam plat merah, pidanakan segeraaa supirnyaa”

Melansir Detik.com, mobil berplat nomor merah AD 9502 OL yang viral karena hadang ambulans yang sedang membawa pasien kecelakaan itu diketahui merupakan mobil dinas di Dinas Kesehatan Pemkab Klaten, Jawa Tengah. Saat itu, mobil melaju dari arah Yogyakarta atau arah barat.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Klaten, dokter Cahyono Widodo mengatakan sopir mobil dinas itu tidak bermaksud menghadang laju ambulans. Akan tetapi, pada saat itu mobil hendak belok ke kanan masuk ke kantor Dinas Kesehatan.

“Mobilnya sudah terlanjur mau ke kanan, mobil di belakangnya banyak. Kita juga sering bawa ambulans dan di dinas itu banyak ambulans jadi kita tahu aturan,” ungkap Cahyono.

BACA JUGA: Pria Emosi Tendang Spion Mobil Hingga Patah, Disebut Gegara si Pengemudi Halangi Ambulans

Rudi Kristiadi selaku sopir ambulans tersebut menambahkan bahwa ambulans yang dikemudikannya merupakan milik Ketua Komisi 4 DPRD Klaten yang membidangi kesehatan, Edi Sasongko. Namun selama ini yang mengelola adalah putranya.

Share.

Leave A Reply