RANCAH POST – Cara unlock bootloader atau UBL Xiaomi Redmi Note 8 termasuk salah satu bagian terpenting yang harus kamu ketahui sebelum melakukan root ataupun Custom ROM.

Secara garis besar, cara UBL Redmi Note 8 tak jauh beda dengan ponsel-ponsel Xiaomi lainnya. Namun melakukan UBL pada Redmi Note 8 ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jadi sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya jika kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan UBL terlebih dahulu.

Kelebihan Unlock Bootloader

  • Melakukan Root
  • Menginstal Recovery Custom atau TWRP
  • Memasang Custom ROM
  • Mengaktifkan Fastboot
  • Memodifikasi sistem Android
  • Menggunakan fitur (MOD) diluar konfigurasi bawaan pabrik

Dilihat dari keuntungan UBL berdasarkan poin-poin diatas, tentu membuat kamu akan langsung merasa tergiur. Tapi jangan senang dulu, karena dibalik itu semua ada beberapa kerugian atau resiko yang harus kamu tanggung.

Kekurangan UBL

  • Menghilangkan garansi smartphone
  • Rentan terkena virus dan malware
  • Beresiko matot (mati total), jika pemasangannya dilakukan secara gegabah tanpa mengikuti prosedur

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan UBL Redmi Note 8, namun jika kamu sudah membulat tekad untuk melakukan unlock bootloader, berikut adalah beberapa bahan yang harus disiapkan sebelum melakukan eksekusi.

Mi Account

Ya, bahan pertama yang harus kamu siapkan adalah Mi Account. Jika belum punya, kamu bisa masuk ke Settings > Mi Account > Create Account. Kamu bisa membuat akun Mi menggunakan nomor hp atau alamat email, jadi tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Wajib Menggunakan PC atau laptop

Sementara ini untuk melakukan UBL Redmi Note 8 masih belum bisa tanpa PC, jadi kamu wajib menggunakan PC. Karena tanpa PC atau laptop mustahil kamu dapat melakukan UBL.

Aktifkan Developer Options, OEM Unlocking dan USB Debugging

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Developer Options, caranya buka menu Settings > lalu tap beberapa kali pada menu MIUI version sampai muncul tulisan ‘You are now a developer‘.

Setelah Developer Options berhasil kamu aktifkan maka balik lagi ke menu Settings > Additional Settings > Developer Options > klik tombol slider di samping kanan menu OEM Unlocking > Enable.

Selain itu jangan lupa untuk mengaktifkan USB Debugging yang letaknya ada dibawah menu OEM Unlocking, kamu hanya perlu menggeser layar ke bawah.

Mi Unlock Status

Kemudian masih pada menu yang sama, yaitu Developer Options kamu juga harus mengaktifkan Mi Unlock Status > Agree > Add Account and Device yang harus menggunakan jaringan internet dari kartu SIM yang terpasang di ponsel, sebab tidak bisa menggunakan jaringan internet WiFi.

Jadi sebelum mengklik tombol Add Account and Device, matikan dulu WiFi di hp Redmi Note 8 kamu kemudian beralih ke jaringan internet kartu SIM. Nantinya akan muncul keterangan ‘Added successfully. Mi Account is associated with this device now‘.

Kamu biasanya harus menunggu selama 36 jam atau bahkan hingga satu minggu, setelah itu barulah kamu bisa melanjutkan proses UBL.

Cara Unlock Bootloader UBL Xiaomi Redmi Note 8

Sekali lagi, sebelum melangkah ke tahap eksekusi ada baiknya jika kamu melakukan backup terhadap file-file yang tersimpan di internal storage karena proses di UBL akan menghapus semua file yang ada di hp.

Ketika proses backup sudah selesai, barulah kamu bisa beralih ke PC. Nah, di PC sendiri ada dua bahan yang harus kamu siapkan, yaitu Miflash Unlock (usahakan versi terbaru) dan Xiaomi Driver.

Bahan UBL Redmi Note 8
Bahan UBL Redmi Note 8. (IST)

Jika kedua bahan tersebut sudah berhasil kamu download, kamu tinggal pilih Extract Here keduanya. Kemudian untuk Xiaomi Driver silahkan kamu langsung instal saja dengan cara mengklik dua kali pada folder adb-setup dan pDaNet.

Xiaomi Driver
Xiaomi Driver. (IST)

Sementara untuk QDLoader sesuaikan dengan PC yang kamu miliki, jika pake Windows 32 bit maka pilihlah yang 32 bit atau jika menggunakan Windows 64 bit, tinggal pilih yang 64 bit.

Kemudian fokus ke folder Miflash Unlock > klik dua kali pada opsi miflash_unlock > Agree > lalu login ke Mi Account sesuai dengan akun yang terhubung di hp.

Oke tarik napas dulu, nonaktifkan hp Redmi Note 8 kamu yang akan di UBL kemudian masuk ke mode Fastboot dengan cara menekan tombol Power dan Volume Bawah. Setelah itu hubungkan hp ke PC dengan kabel USB-C.

Nantinya pada Miflash Unlock tadi akan muncul notifikasi bahwa hp yang akan di UBL sudah berhasil terkoneksi. Untuk memulai prosesnya kamu bisa mengklik tombol Unlock > Unlock Anyway.

Tunggu sampai 100% dan bisanya hp akan otomatis restart, perhatikan pada pada bagian atas layar akan muncul logo gembok terbuka yang menandakan bahwa ponsel sudah berhasil di UBL, begitu juga dengan tampilan Miflash Unlock di PC akan muncul keterangan Unlocked Successfully.

UBL Xiaomi Redmi Note 8
UBL Xiaomi Redmi Note 8. (IST)

Setelah UBL selesai, kamu bisa langsung mengoprek sistemnya entah itu di root, instal TWRP atau flash ROM.

BACA JUGA: Cara Mengetahui Password WiFi dengan Mudah Tanpa Root

Sekian tutorial mengenai cara UBL Redmi Note 8 semoga informasinya bermanfaat.

Share.

Leave A Reply