RANCAH POST – Oppo resmi mengumumkan smartphone model ketiga dari seri K9, yaitu Oppo K9s. Sama seperti kedua saudaranya Oppo K9 dan K9 Pro, smartphone ini juga mengawali debutnya di pasar China. Lantas berapa harga Oppo K9s ini?

Ponsel ini digadang-gadang sebagai versi tweak dari Realme Q3s yang juga baru saja diperkenalkan oleh Realme pada beberapa hari yang lalu.

Ya, Oppo K9s dan Realme Q3s memiliki beberapa kesamaan baik dari segi desain maupun fitur. Adapun perbedaan antara kedua smartphone tersebut hanya terletak di ukuran layar, refresh rate, konfigurasi kamera belakang dan juga software.

Kita mulai dari sektor display, Realme Q3s punya layar IPS LCD 6.6 inci dengan dukungan refresh rate 144Hz, sedangkan K9s hanya dibekali layar yang berukuran sedikit lebih kecil, yakni 6.59 inci dan refresh rate-nya mentok di 120 Hz.

Meski begitu, layar kedua ponsel tersebut sama-sama menawarkan resolusi 1080 x 2412 piksel (Full HD Plus), aspek rasio 20:9, rasio layar-ke-bodi 83.7%, kerapatan 401 ppi dan kecerahan hingga 600 nits.

Lalu di bagian kamera, Oppo K9s unggul di bagian ini berkat kamera utama 64 MP yang ditemani kamera ultrawide 8 MP dan macro 2 MP. Jumlah kamera belakang Realme Q3s juga ada tiga buah hanya saja resolusi kamera utamanya lebih kecil, yakni 48 MP.

Selain itu, Realme Q3s juga tidak memiliki dukungan kamera ultrawide melainkan hanya sebatas kamera macro 2 MP dan depth sensor 2 MP. Kemudian untuk kamera depan, kedua hp 5G baru ini sama-sama dibekali sensor 16 MP.

Perbedaan yang terakhir ada pada sisi software atau lebih tepatnya di bagian antarmuka (UI), dimana Oppo K9s menjalankan ColorOS 11.2 sementara Q3s hadir dengan Realme UI 2.0. Meski beda, kedua tampilan UI tersebut sama-sama didasarkan pada OS Android 11.

Oppo K9s ditenagai prosesor Snapdragon 778G yang dikawinkan dengan RAM LPDDR4X hingga 8 GB dan penyimpanan UFS 2.2 berkapasitas 128 GB. Untuk kebutuhan daya, handset ini dihidupkan oleh baterai 5.000 mAh yang dapat diisi dalam waktu singkat berkat dukungan fast charging 30W.

Dari sisi konektivitas, model paling buncit dari Oppo K9 Series ini hadir dengan slot dual SIM (nano) berjaringan 5G, WiFi 6 dual-band, Bluetooth 5.2, GNSS (GPS, BeiDou, GLONASS, GALILEO, QZSS), port USB Type-C, dan headphone jack 3.5mm.

Fitur lain dari smartphone ini termasuk sensor sidik jari yang dipasang di samping, akselerometer, sensor cahaya sekitar, giroskop, sensor jarak, kompas, sistem pendingin cair, dan keyboard mekanik virtual.

BACA JUGA: Oppo Luncurkan Find X3 Pro Photographer Edition, Harganya Rp 14 Jutaan

Oppo K9s hadir dalam varian warna Obsidian Warrior (Black), Neon Silver Sea (Silver), dan Magic Purple Quicksand (Purple). Harga Oppo K9s adalah 1.699 yuan (sekitar Rp 3.7 jutaan) untuk varian 6 GB/ 128 GB dan 1.899 yuan (sekitar Rp 4.1 jutaan) untuk model 8 GB/ 128 GB.

Share.

Leave A Reply