Sudahkah kamu mengetahui cara membuat YouTube Shorts? Jika belum, maka wajib menyimak pembahasan yang kali ini dibahas sampai dengan selesai.

Bagi sebagian orang, YouTube Shorts mungkin masih terdengar asing. Tak heran, karena fitur ini memang cukup baru. YouTube resmi merilis fitur ini di Indonesia pada Jumat, 23 Juli 2021. Masih baru banget, kan?

Perlu kamu ketahui, YouTube Shorts adalah fitur video pendek pesain TikTok dan Reels Instagram. Pasalnya, ketiganya mempunyai tampilan yang cukup mirip.

Dengan fitur Shorts ini, kamu bisa mengunggah video pendek dengan durasi 15 hingga 60 detik. Tentunya dilengkapi dengan musik latar, filter, teks, hingga caption.

Kamu bisa dengan mudah menemukan menu Shorts itu di bagian bawah layar, tepatnya di samping kanan menu Beranda.

Di sana, kalian akan menemukan banyak YouTube Shorts yang telah dibuat oleh pengguna lain. Kamu bisa memberikan like, dislike, komentar, hingga membagikan video tersebut ke platform media sosial lainnya.

Kehadiran fitur Shorts ini membuat pengguna bisa menuangkan kreativitasnya melalui video pendek yang menarik dan keren. Lantas, bagaimana cara membuat YouTube Shorts itu sendiri?

Cara Membuat YouTube Shorts Lewat HP

Langsung saja, berikut ini tata cara bikin YouTube Shorts melalui HP Android yang pastinya mudah dan bisa dilakukan oleh setiap pengguna.

Sebelum ke caranya, kalian bisa membuat YouTube Short dengan cara merekam secara langsung atau mengambil dari galeri ponsel.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi YouTube yang terinstall di HP kalian.
  • Setelah itu, klik icon (+) di bagian bawah > klik Buat video Shorts.

Pembuatan Video Pendek YouTube

  • Kamu bisa memilih lamanya durasi dengan mengklik angka di bagian atas tombol merah, bisa 15-60 detik.

Mengatur Durasi

  • Jika ingin merekam secara langsung, maka tekan tombol merah di bagian tengah. Sebelum merekam, kamu bisa menggunakan timer terlebih dahulu. Tapi jika ingin mengambil dari galeri, klik icon galeri di pojok kiri bawah.
  • Langkah selanjutnya, kalian bisa melakukan editing pada video tersebut. Mulai dari mengatur kecepatan, menambahkan musik, teks, filter, dan lainnya.
  • Edit video tersebut se-perfect mungkin dan sesuai dengan keinginan kalian. Klik Berikutnya, dan sekarang berlanjut ke proses upload.

Fitur YouTube Shorts

  • Kalian bisa menambahkan teks, mengatur visibilitas (bisa publik, tidak publik, pribadi), memilih penonton (video diperuntukkan untuk anak-anak atau tidak), dan menggunakan fitur schedule (terletak di Setel visibilitas).
  • Jika sudah selesai, langsung klik Upload. Selesai!

Detail Video

Ada beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan membuat YouTube Shorts, di antaranya seperti menambah subscriber baru, konten yang lebih mobile friendly, dan menaikkan traffic pada Algoritma YouTube.

BACA JUGA: Cara Membuat YouTube Dark Mode di Smartphone dan PC

Demikianlah cara membuat YouTube Shorts di HP Android yang telah selesai dibahas. Bagaimana, penggunaannya mudah bukan?

Share.

Leave A Reply