Berita Nasional, RANCAH POST – Ratusan burung pipit mati mendadak dan berjatuhan dari sebuah pohon di lingkungan Balai Kota Cirebon, Jawa Barat pada Selasa, 14 September 2021.

Ini merupakan fenomena yang pertama kalinya terjadi di Kota Cirebon. Melansir Kompas.com, fenomena ini awalnya diketahui oleh sejumlah petugas kebersihan Pemerintah Kota Cirebon.

Petugas langsung terkejut ketika akan membersihkan taman karena melihat ratusan burung tergeletak mati dengan bulu-bulu yang basah.

Protokol Pemerintah Kota Cirebon Prasojo Rahardjo Utomo mengatakan dirinya tiba di Kantor Pemkot Cirebon pada sekitar pukul 07.00 WIB.

“Jam 07.00 WIB sudah ramai, sudah banyak burung berjatuhan. Ini kejadian pertama kali,” kata Prasojo kepada Kompas.com di gedung Setda Kota Cirebon, Selasa 14 September 2021.

Ia menduga burung-burung itu mati karena perubahan iklim. Diduga burung-burung tersebut tidak kuat dengan perubahan dari cuaca panas ke dingin dalam waktu yang singkat. Pasalnya, Kota Cirebon diguyur hujan selama beberapa hari belakangan ini.

“Mungkin karena kondisi Kota Cirebon selama dua hari ini hujan terus. Waktunya dimulai sejak dini hari hingga pagi,” ucapnya lagi.

Kendati begitu, belum diketahui secara pasti penyebab ratusan burung pipit mati mendadak di Kota Cirebon. Kini petugas akan meneliti lebih lanjut terkait hal tersebut.

Petugas dari DKPPP (Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan) Kota Cirebon telah mengambil sampel untuk pengunjian lebih lanjut terhadap kejadian burung pipit mati mendadak. Petugas juga melakukan swab terhadap burung yang mati.

Fenomena ratusan burung pipit mati di kawasan Balai Kota Cirebon itu tengah viral di media sosial usai sejumlah akun membagikannya.

Dalam video tersebut terlihat ratusan burung yang sudah mati memenuhi area parkir Balai Kota Cirebon, tepatnya di dekat sebuah pohon.

BACA JUGA: BMKG Jelaskan Soal Fenomena Matahari Terbit dari Utara yang Heboh Disebut Tanda Kiamat

Sebagian burung itu masih hidup, ada yang jatuh ke saluran air dan di rerumputan. Namun mereka tidak bisa terbang karena terkena hujan. Fenomena ini langsung menuai atensi warganet di media sosial. Lihat videonya di sini.

Share.

Leave A Reply