Viral Video, RANCAH POST – Kembali terjadi peristiwa adu mulut antara petugas kurir COD (Cash on Delivery) dengan pembeli, dan persitiwa tersebut viral di media sosial.

Seperti kita ketahui adu mulut bahkan cekcok saat COD antara petugas kurir dan pembeli memang kerap kali terjadi.

Hal ini diduga terjadi karena minimnya pengetahuan pembeli soal SOP (Standard Operation Procedure) dalam berbelanja online dengan metode pembayaran COD.

Kejadian kurir adu mulut dengan pembeli yang baru-baru ini viral diketahui diunggah di TikTok dan di-repost akun lainnya, salah satunya akun Twitter @ardianpancaa.

Mirisnya pada kejadian kali ini pembeli tersebut dinilai telah rendahkan kurir yang mengantarkan paket kepadanya.

Dalam video tersebut terlihat bapak-bapak berkaos putih dan celana pendek tengah membawa paket yang diantarkan oleh kurir. Paket tersebut dibeli dengan sistem pembayaran COD.

Alih-alih membayar sebelum paket dibuka, bapak-bapak tersebut ngotot ingin membuka paketnya terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kesalahan pada barang yang dipesannya.

Jika barang tersebut sesuai, ia akan membayar, sebaliknya jika barang tidak sesuai ia akan mengembalikannya pada sang kurir tanpa melakukan pembayaran.

“Heh, pakai otak kamu tau nggak. Saya mau nyolong? Rumah saya ada. Kalau gak bagus saya nggak ambil barangnya. Lihat kamu pakai otak, lihat orang, saya belum pernah marah lho,” kata si bapak.

“Kamu bikin saya naik darah aja. Kalau sesuai saya ambil, kalau gak sesuai ya bukan urusan kamu, kamu bisa bawa lagi (paketnya). Kamu jangan begitu, liat rumah orang di mana. Kalau saya di pinggir jalan, kamu boleh begitu,” sambungnya.

Padahal sudah jelas, kurir hanya bertugas untuk mengantar. Ketika ada kesalahan pada barang, itu menjadi tanggungjawab penjual bukan kurir. Kendati sang kurir mencoba menjelaskan terkait SOP-nya, bapak-bapak tersebut tetap tidak mengerti.

“Bukan begitu, pak. Soalnya SOP-nya seperti itu,” jelas kurir.

Ia bahkan salah paham dan merasa disangka ingin mencuri barang karena tidak langsung membayar. Pembeli itu juga mengeluarkan kata-kata tak pantas, dan seperti rendahkan profesi kurir.

“SOP, SOP, t** kucing SOP-nya. Kamu lihat pakai otak, tampang saya emang tukang colong apa?,” ucap si bapak itu lagi.

Sang kurir hanya bisa pasrah ketika paket COD-nya dibuka sebelum dibayar oleh pembeli. Di akhir video si bapak pun tampak mengeluarkan uang untuk membayar pesanannya.

Melihat adanya kejadian tersebut, warganet pun ramai memberikan tanggapan. Banyak warganet yang merasa geram dengan bapak tersebut.

@mayhudaaa, “Biasanya nih ya yang selalu ngomong “Pake Otak” justru dia yang ga ga pernah pake otak. Dikasih tau ada SOP nya lebih galak dia. Mending dihapus aja tuh sistem COD. Atau ngga, sistem COD itu ada di akun tertentu, bukan default”

@Ava17242133, “Tapi ada lho orang yang dia itu ngandelin cod soallnya gaada ATM dan tempat nya jauh dari indo/Alfa. Sebenarnya jangan dihapus si lebih ke ngajak edukasi ke orang” bahwa cod tuh gini” BLA BLA bla.”

BACA JUGA: Pembeli Ngamuk ke Kurir COD Minta Uangnya Dikembalikan Hingga Ancam Mau Borgol

@icebearr1499, “Bisa nggak sih org kaya gini tuh alamatnya diblacklist sama seluruh expedisi? Ganggu bgt, gara2 ini byk olshop jadi matiin fiture COD pdhl bagi beberapa orang COD ini sangat membantu-_-“

Share.

Leave A Reply