RANCAH POST – Tanda-tanda kehadiran hp Realme 8i di Indonesia sebetulnya sudah tercium sejak lama. Sebab, ponsel yang memiliki nomor model RMX3151 tersebut sudah terdaftar di situs P3DN sejak tanggal 25 Juni lalu.

Di situs Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), Realme RMX3151 terdaftar dalam sertifikat bernomor 2593/SJ-IND.8/TKDN/6/2021 atas nama pemohon PT Bright Mobile Telecommunication.

Realme RMX3151 TKDN
Realme RMX3151 TKDN. (SS)

Realme RMX3151 dinyatakan telah memenuhi standar Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan nilai kandungan sebesar 31.53%.

Realme RMX3151 Postel
Realme RMX3151 Postel. (SS)

Setelah ditelusuri lebih lanjut, Realme RMX3151 juga ternyata telah mengantongi sertifikat Postel yang menandakan bahwa hp Realme 8i sudah mendapat izin untuk diedarkan di Indonesia.

Sekedar informasi, setiap perusahaan pembuat smartphone tidak bisa secara asal-asalan menjual produk mereka di Indonesia. Hal ini dikarenakan akan serangkaian proses pengujian perangkat yang harus dilalui.

Singkatnya, semua perangkat telekomunikasi seperti smartphone, tablet dan lain-lain harus mengantongi sertifikat TKDN dan Postel terlebih dahulu agar mendapat izin edar.

Jadi berhubung Realme 8i sudah disertifikasi TKDN dan Postel, maka dapat dipastikan bahwa hp tersebut akan segera diluncurkan di Indonesia.

Namun sayangnya, pihak Realme Indonesia sendiri belum memberikan konfirmasi terkait tanggal peluncuran hp terbarunya itu di Tanah Air.

Spesifikasi Realme 8i
Spesifikasi Realme 8i. (IST)

Sebagai informasi tambahan, Realme 8i sebetulnya telah melakoni debutnya di pasar India pada beberapa hari yang lalu.

Realme 8i menjadi smartphone pertama di dunia yang diluncurkan dengan chipset MediaTek Helio G96. Di India, smartphone ini hadir dalam dua varian yaitu RAM 4 GB + ROM 64 GB dan RAM 6 GB + ROM 128 GB.

Di bagian depan, handset ini menampilkan layar IPS LCD seluas 6.6 inci yang mendukung resolusi FHD+ dengan gamut warna DCI-P3 serta dilengkapi kemampuan refresh rate tinggi, yaitu 120 Hz.

Perangkat ini dibekali tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP f/1.8, macro 2 MP dan depth sensor 2 MP. Sedangkan untuk selfie terdapat kamera 16 MP.

BACA JUGA: Sudah Dirilis, Tablet Realme Pad Dibanderol Rp 2,7 Jutaan

Realme 8i ditopang baterai 5.000 mAh dengan adapter charger 18W. Selain itu, ponsel ini juga hadir dengan sistem operasi Android 11 berlapis antarmuka Realme UI 2.0.

Share.

Leave A Reply