RANCAH POST – Fitur Smart Switch mungkin sudah tidak terdengar asing lagi kalangan pengguna hp Samsung. Ya, fitur tersebut memungkinan kita untuk memindahkan semua data termasuk kontak, foto, video, dokumen, aplikasi hingga percakapan atau chat WA dari hp Samsung lama ke hp Samsung yang baru.

Sekarang, untuk pertama kalinya fitur transfer chat WA dari perangkat iOS ke Android telah hadir di Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu mengupdate aplikasi WA yang ada di perangkat iOS serta di Galaxy Z Fold3 atau Galaxy Z Flip3 ke versi terbaru.

Setelah aplikasi WhatsApp berhasil diperbarui, pengguna hanya perlu menginstal aplikasi Smart Switch di Galaxy Z Flip3 atau Galaxy Z Fold3. Aplikasi tersebut bisa dengan mudah di dapatkan dari Google Play Store maupun dari Galaxy Store.

“Samsung telah melengkapi Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 dengan aplikasi Smart Switch yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan data dari smartphone lamanya dengan praktis termasuk data WhatsApp–baik itu dari perangkat Android, iOS, maupun Windows,” ujar Senior Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Selvia Gofar.

Fleksibilitas yang diberikan ini membuat Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 menjadi smartphone yang begitu komplit untuk menjadi daily driver baru bagi konsumen.

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mentransfer gambar dari perangkat Android non Samsung atau dari perangkat iOS ke Galaxy Z Flip3 dan Galaxy Z Fold3.

1. Instal aplikasi Samsung Smart Switch versi 3.7.22.1 di hp Galaxy Z Flip3 atay Galaxy Z Fold3 Anda.

2. Pastikan aplikasi WhatsApp yang terpasang di hp Android atau hp iOS lama Anda minimal sudah versi 2.21.160.17.

3. Download dan instal aplikasi WhatsApp versi 2.21.16.20 atau versi yang lebih baru di Galaxy Z Flip3 atau Galaxy Z Fold3 Anda.

4. Siapkan kabel USB-C to Lightning atau USB-C to C (tergantung perangkat yang digunakan).

5. Nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar WA di Galaxy Z Flip3 atay Galaxy Z Fold3 harus sama dengan yang digunakan di perangkat lama.

Setelah memenuhi semua persyaratan di atas, Anda dapat langsung memindahkan data WhatsApp dari smartphone lama ke Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, baik itu dari perangkat berbasis Android non Samsung maupun iOS. Agar tidak kebingungan silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Transfer Chat WA dari iOS ke Galaxy Z Fold3

1. Aktifkan aplikasi Smart Switch di Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3. Untuk perangkat Android non Samsung, Anda menghubungkannya secara wireless atau dengan kabel USB. Sedangkan jika perangkat lama yang Anda gunakan adalah iOS, Anda bisa menghubungkannya melalui kabel USB-C to Lightning.

2. Setelah perangkat berhasil terhubung, Anda hanya perlu masuk dan membuka aplikasi WhatsApp di Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3.

3. Kemudian scan QR Code di aplikasi WhatsApp pada Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3 menggunakan perangkat lama, lalu konfirmasi untuk memulai proses pemindahan data dari perangkat lama ke Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3.

4. Ikuti semua instruksi yang tertera di layar hingga prosesnya transfer data selesai. Jangan lupa, kedua perangkat harus dalam keadaan menyala selama proses pemindahan data berlangsung.

5. Selesai, kini Anda bisa mengecek aplikasi WA WhatsApp di Galaxy Z Fold3 atau Z Flip3 dan lihat semua datanya sudah berhasil terpindahkan.

Cara Transfer Chat WA dari iOS ke Galaxy Z Fold3
Cara Transfer Chat WA dari iOS ke Galaxy Z Fold3. (IST/SEIN)

Fungsi Smart Switch versi terbaru ini bukan hanya sekedar bisa digunakan untuk melakukan transfer chat WA, melainkan bisa pula dimanfaatkan untuk memindahkan data-data penting seperti kontak, foto, video, dokumen dan lain-lain.

Kemudahan ini semakin lengkap karena aplikasi Samsung Smart Switch tersedia secara gratis.

“Selain memastikan data-data penting pengguna di smartphone lama tetap terjaga, Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 juga menawarkan pengalaman smartphone lipat terbarukan yang andal”, tambah Selvia Gofar.

“Hal ini diwujudkan dengan menyempurnakan form factor dan software pada smartphone untuk kemampuan multitasking terdepan demi produktivitas yang lebih efisien hingga kapabilitas dalam membuat konten yang lebih maksimal untuk diunggah di media sosial. Dengan harga mulai dari Rp 14.999.000, konsumen sudah bisa mengikuti tren smartphone lipat terkini bersama Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3”, pungkasnya.

Harga Samsung Galaxy Z Flip3 Indonesia adalah Rp 14.999.000 untuk varian RAM 8GB dengan 128GB atau Rp 15.999.000 untuk versi RAM 8GB dengan storage 256GB yang tersedia dalam pilihan warna Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black,

BACA JUGA: Cara Format Kartu SD di HP Samsung

Sementara harga Samsung Galaxy Z Fold3 dibanderol Rp 24.999.000 untuk opsi 12GB/256GB dan Rp 26.999.000 untuk model 12GB/512GB. Ada tiga pilihan warna yang tersedia, yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Share.

Leave A Reply