Cara agar Telegram tidak download otomatis merupakan suatu hal yang sangat mudah. Pengguna Telegram yang masih baru pun dijamin bisa.

Beberapa pengguna Telegram mungkin tidak masalah ketika foto atau video di Telegram sudah diatur agar bisa terunduh secara otomatis. Dengan begitu, saat kita membuka chat tersebut foto sudah otomatis terunduh.

Namun beberapa pengguna lainnya ada juga yang tidak nyaman dengan fitur download otomatis ini. Pasalnya, fitur tersebut akan memakan banyak kuota internet yang kita miliki. Apalagi kalau foto atau video yang kirimkan ukurannya cukup besar.

Sehingga, kuota pun menjadi lebih boros. Mengingat tidak semua file yang dikirimkan itu penting dan harus kita lihat. Bisa jadi, file tersebut berisi hal-hal iseng yang dikirimkan dari chat pribadi atau grup.

Selain boros kuota internet, memori penyimpanan di HP bisa menjadi penuh dengan foto atau video yang kurang penting.

Tapi jangan khawatir, Telegram memungkinkan penggunanya untuk menonaktifkan fitur download otomatis ini. Jadi kamu bebas mau mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut. Ketika mematikan fitur ini, file-file pun tidak akan terdownload secara otomatis lagi.

Meski dibebaskan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur download otomatis, tapi masih ada pengguna Telegram yang kebingungan mencari letak untuk mematikkan fitur tersebut.

Jika kamu salah satunya yang masih kebingungan, cek tutorial lengkapnya di bawah ini. Dijamin setelah menyimak tutorialnya, kamu takkan kebingungan lagi.

Cara Agar Telegram Tidak Download Otomatis

Langsung saja ikuti satu persatu tutorial berikut ini tentang cara agar Telegram tidak mendownload file secara otomatis lagi.

  • Pertama-tama, buka aplikasi Telegram yang terinstall di ponselmu.
  • Kemudian, klik garis tiga di bagian pojok kiri atas > pilih Pengaturan.

Cara ke Pengaturan Telegram

  • Kemudian, klik Data dan Penyimpanan dan nonaktifkan toggle di bagian opsi Unduh media otomatis.

Cara Agar Telegram Tidak Bisa Download Otomatis

  • Di antaranya seperti Saat menggunakan data seluler, Saat terhubung Wi-Fi, dan Saat roaming.
  • Atau bisa juga mengklik satu persatu opsi untuk melakukan pengaturan lebih spesifik lagi. Misalnya di sini kami mengklik bagian Saat menggunakan data seluler, kita bisa mengatur file apa yang bisa dan tidak terdownload otomatis. Pilihannya ada foto, video, dan berkas.

Pengaturan Telegram

  • Intinya kalian bisa mengatur sesuai keinginan.  Setelah menonaktifkan toggle tersebut, maka download otomatis sudah berhasil dinonaktifkan.

Jadi mulai sekarang ketika ada yang mengirim file tidak akan terdownload otomatis. File akan terdownload jika kamu mengklik bagian tombol download pada file tersebut. Selesai!

BACA JUGA: Cara Mengunci Telegram di HP dan PC Untuk Jaga Privasi

Demikianlah tutorial kali ini tentang cara agar Telegram tidak download otomatis. Tutorialnya sangat mudah, bukan? Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply