RANCAH POST – Samsung mungkin jadi satu-satunya brand paling produktif di bulan Agustus 2021 ini. Bayangkan, dalam kurun waktu kurang dari satu pekan mereka telah menghadirkan empat smartphone terbaru miliknya ke pasaran, mulai dari Samsung Galaxy Z Flip3 5G, Galaxy Z Fold3 5G, Galaxy A52s 5G dan Galaxy A03s 5G.

Ya, Samsung Galaxy A03s mengawali debutnya secara global di India, yang mana smartphone tersebut dihadirkan sebagai penerus dari Galaxy A02s yang rilis pada November tahun lalu.

Dari segi penampilan, Galaxy A03s terlihat sangat mirip dengan pendahulunya baik itu ketika dilihat dari depan maupun dari sisi belakangnya.

Smartphone seri Galaxy A terbaru bikinan Samsung ini mengadopsi desain layar waterdrop dan masih memiliki bezel yang cukup tebal terutama di bagian dagunya.

Samsung Galaxy A03s sendiri datang dengan membawa spesifikasi layar PLS IPS berdiagonal 6.5 inci yang menghasilkan resolusi HD+ (720 x 1.600 piksel) dan poni atau notch yang terpatri di bagian tengah atas layarnya memuat kamera beresolusi 5 MP yang ditujukan untuk selfie dan video call.

Di punggungnya terdapat modul kamera persegi panjang yang digunakan untuk menampung tiga buah kamera dan satu LED flash. Ketiga kamera belakang tersebut menawarkan resolusi 13 MP sebagai kamera utama, 2 MP untuk makro dan 2 MP sebagai sensor bokeh atau depth sensor.

Urusan dapur pacu, Galaxy A03s dipersenjatai chip Helio P35 dari MediaTek dimana chip tersebut dikawinkan dengan dua pilihan RAM dan memori internal (ROM), yakni 3 GB + 32 GB dan 4 GB + 64 GB. Selain itu, ada pula slot kartu microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Lantas bagaimana untuk catu dayanya? Sama seperti pendahulunya, ponsel ini juga membawa baterai 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 15W dan port USB Type-C.

Samsung Galaxy A03s hadir dengan sistem operasi Android 11 berlapis antarmuka khas perusahaan, yaitu One UI 3.0 tanpa tambahan embel-embel ‘core’.

Ponsel ini tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Black, Blue dan White. Untuk urusan harga, Samsung melepas Galaxy A03s seharga 11.499 Rupee (sekitar Rp 2.2 juta) untuk opsi RAM 3 GB dengan ROM 32 GB.

Sedangkan harga untuk varian RAM 4 GB dengan ROM 64 GB adalah 12.499 Rupee (sekitar Rp 2.4 juta). Kabar baiknya, ponsel dengan nomor model SM-A037F sudah terdaftar di situs sertifikasi TKDN, oleh sebab itu Galaxy A03s juga dipastikan akan dipasarkan di Indonesia.

BACA JUGA: Diotaki Snapdragon 778G, Samsung Galaxy A52s 5G Dijual Rp 8,1 Juta

Kendati begitu, masih belum diketahui kapan perangkat tersebut akan diluncurkan di Indonesia.

Share.

Leave A Reply