Sosial Media, RANCAH POST – Sejumlah pengendara motor terekam kamera nekat maksa hendak menerobos masuk ke kawasan wisata Gunung Bromo, Malang, Jawa Timur.

Padahal saat itu wisata Gunung Bromo masih tutup lantaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyaraka (PPKM) Darurat.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat pengendara berusaha menerobos portal yang terpasang di pintu masuk Jemplang.

Karena berusaha menerobos masuk, para petugas pun langsung menghalau kedatangannya. Karena terus maksa masuk, pengendara motor dan petugas yang berjaga di portal masuk Bromo akhirnya terlibat cekcok.

Beruntung, keributan tak berlangsung lama karena berhasil dilerai oleh sejumlah petugas lain yang ada di lokasi.

Video pengunjung yang maksa masuk ke wisata Bromo yang masih ditutup itu pun membuat warganet geram. Seharusnya mereka mengerti dan menaati peraturan yang ada. Lihat video di sini.

reeenny_, “Angeeeel angeeeelll.. dikon prei sik piknik e malah nrutus tekan kono 😂 kui ora gone mbahmu yow rasah sak penake udelmu 😂”

dit_comp, “Etikanya nol besar, jangan samakan peraturan di kota anda dengan peraturan daerah bromo.. Nek arep diajeni, ngajeni wong sek mas..”

rizalmukhlis93, “Langsung di blacklist wae mas …nak model ngeyel ngono kui”

Melansir Kompas.com, menurut keterangan dari Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas pada Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Sarif Hidayat, peristiwa di video viral itu terjadi pada Minggu, 15 Agustus 2021 siang.

Sarif mengatakan, mulanya sekelompok pengendara motor berusaha masuk ke kawasan Bromo. Para petugas yang berjaga pun segera menghalau dan menjelaskan bahwa wisata Bromo masih ditutup karena PPKM.

Namun sayang, para pengendara motor tetap memaksa masuk dan berusaha menerobos portal, hingga terjadilah percekcokan.

Selama wisata Bromo ditutup, pintu masuk menuju kawasan wisata pun dijaga oleh petugas, relawan dan warga sekitar.

“Di sana ada relawan volunteer. Mereka (pengendara) dibawa dulu ke pos. Kembali diberi penjelasan akhirnya mereka kembali. Tetap kami konsekuen untuk tidak membuka pintu wisatawan,” ungkap Sarif.

BACA JUGA: Dicegah Masuk Wilayah Gunung Bromo karena Sempat Erupsi, Turis Asing Banting Petugas

Ternyata kejadian ini bukan yang pertama, sebelum juga sempat ada wisatawan yang berusaha masuk ke kawasan Bromo yang masih ditutup karena PPKM.

Share.

Leave A Reply