Foto yang dimiliki resolusinya kurang bagus? Kamu bisa melakukan cara memperbesar resolusi foto secara online di HP dan PC dengan mudah.

Selain untuk koleksi pribadi, biasanya orang-orang ingin memperbesar resoulsi sebuah gambar karena untuk keperluan lainnya.

Misalnya saja untuk keperluan ikut perlombaan fotografi yang mengharuskan peserta memiliki foto dengan resolusi tertentu.

Jika resolusi foto yang kamu miliki tidak sesuai, kamu bisa menaikkan angka pixels atau ukurannya menggunakan beberapa cara, bisa dengan atau tanpa aplikasi tambahan (memakai situs).

Ketika memilih menaikkan ukuran foto dengan aplikasi, kamu tentu harus menginstall aplikasi tersebut terlebih dahulu di smartphone.

Namun, jika memilih menggunakan situs tentu kamu tidak perlu menginstall aplikasi lainnya lagi, cukup membuka situs tersebut melalui web browser di HP.

Dua cara menaikkan ukuran foto yakni dengan dan tanpa aplikasi itu akan kita bahas semuanya secara lengkap di artikel ini. Buat yang penasaran, tentu wajib menyimaknya sampai akhir.

Cara Memperbesar Resolusi Foto di HP dan PC

Berikut ini cara memperbesar resolusi gambar dengan atau tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa metode yang kami siapkan berikut ini.

Tanpa aplikasi dengan situs Waifu2x

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi browser di HP-mu, di sini mislnya kami menggunakan Chrome.
  • Lalu, kunjungi website http://waifu2x.udp.jp/. Setelah website-nya terbuka, klik Pilih File untuk memasukkan foto atau gambar yang resolusinya akan diperbesar.

Cara Memperbesar Ukuran Foto dengan Mudah

  • Selanjutnya, lakukan beberapa pengaturan seperti pada bagian Style pilih Photo, lalu pada bagian Noise Reduction pilih High.
  • Kemudian, di bagian Upscaling pilihlah 2x. Verifikasi I’m not a robot untuk berlanjut ke proses selanjutnya, lalu klik Download atau Convert.

Situs Memperbesar Ukuran Gambar

Setelah melewati proses tadi, foto pun akan tersimpan di galeri HP dengan resolusi yang sudah diperbesar dan berformat PNG. Cara ini bisa juga dilakukan di PC ya, guys.

Cara memperbesar resolusi foto dengan situs bigjpg

  • Langkah pertama buka aplikasi browser di PC kamu lalu kunjungi situs https://bigjpg.com/.
  • Setelah situsnya terbuka, klik Select Images dan cari serta pilih foto yang resolusinya akan diperbesar.

Cara Menaikkan Resolusi Gambar Lewat PC

  • Selanjutnya, klik Start dan akan tampil laman yang memungkinkan kita melakukan pengaturan untuk foto yang resolusinya akan diperbesar itu.
  • Pada bagian Image type klik Photo, lalu pada bagian Upscalling kamu bisa memilih 2x lipat atau 4x lipat, dan bisa memilih ukuran yang lebih besar dari itu setelah kamu melakukan pendaftaran.
  • Jangan lupa juga untuk memilih kualitas gangguan yang akan dihilangkan, pengaturan tersebut terdapat di bagian Noise Reduction.
  • Setelah selesai melakukan pengaturan, klik OK > klik Start lagi. Situs bigjpg akan mulai melakukan proses memperbesar gambar dan kamu hanya perlu menunggu sampai prosesnya selesai.

Proses Kustomisasi

BACA JUGA: Cara Edit Foto Jadi Anime dengan Mudah di Android

  • Waktu proses memperbesar resolusinya ini tergantung kualitas yang kamu inginkan. Setelah prosesnya selesai, klik Download dan foto tersebut akan tersimpan di perangkatmu. Selain di PC, situs ini juga bisa digunakan di HP.

Download Gambar

Dengan aplikasi Lit Photo

Cara memperbesar resolusi foto berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama Lit Photo.

  • Pertama-tama, download aplikasi Lit Photo di smartphone-mu. Tenang saja, walau harus menginstall aplikasi tambahan ukuran Photo Resizer sangat ringan dan bisa diunduh secara gratis.

Lit photo

  • Setelah berhasil menginstall-nya, buka aplikasi tersebut dan klik RESIZE PHOTOS.

Cara Resize Foto

  • Lalu, pilih foto yang akan diperbesar resolusinya. Menariknya aplikasi ini memungkinkan pengguna memilih banyak foto sekaligus. Setelah selesai memilih klik icon checklist.
  • Pada menu Resize Options ini, kamu bisa melakukan beberapa kustomisasi. Di antaranya pada bagian Resize Mode klik saja Pixel. Lalu, pilih ukuran sesuai dengan yang kamu inginkan, klik Start Resizing.

Cara Memperbesar Ukuran Foto dengan Cepat dan Mudah

  • Foto tersebut akan otomatis tersimpan di galeri HP-mu, tepatnya di folder LitPhoto_resize.

BACA JUGA: Cara Menghapus Background Foto Secara Online Tanpa Aplikasi Tambahan

Itulah cara memperbesar resolusi foto secara online dengan dan tanpa aplikasi tambahan. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply