RANCAH POST – Secanggih apapun sebuah smartphone tentu tidak akan pernah lepas dari yang namanya error, mulai dari kinerjanya yang mendadak lambat, memori penuh, lupa pola dan lain sebagainya. Untuk itu pada artikel kali ini Rancah Post akan membagikan tutorial cara reset hp Samsung S9 dan Samsung S9+.

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ merupakan smartphone kelahiran tahun 2018 yang masih memiliki banyak peminat, khususnya di Tanah Air. Kedua ponsel tersebut sama-sama menggunakan layar Super AMOLED melengkung dan memiliki bodi ramping dengan ketebalan 8.5 mm.

Di pasar Amerika Serikat dan China, kedua ponsel ini hadir dengan chipset Snapdragon 845, sedangkan di Eropa, Afrika, Timur Tengah dan Asia keduanya hadir dengan Exynos 9810. Jadi, pasar Indonesia kebagian versi Exynos 9810.

Meskipun telah dibekali dengan serangkaian fitur canggih, Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ terkadang sering mendadak error. Adapun error yang paling banyak dikeluhkan oleh pengguna adalah layar yang sering kali tidak berfungsi, kamera blur, berat saat digunakan bermain game serta baterai yang cepat habis.

Sebelum membawanya ke service center, ada baiknya jika Anda mencoba untuk mengatasinya sendiri di rumah, namun tanpa mengotak-ngatik komponen hardware.

Sejumlah pengguna mengaku bahwa ponsel miliknya kembali berfungsi dengan normal setelah di reset ke pengaturan pabrik. Maka itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada Samsung S9 atau Samsung S9+ dengan cara di reset.

BACA JUGA: Cara Reset Samsung Galaxy A20s

Cara Reset HP Samsung S9

Tapi sebelum itu, pastikan dulu Anda sudah mencadangkan atau membackup semua data-data penting yang tersimpan di ponsel termasuk foto, video, aplikasi, kontak dan lain sebagainya.

Cara backup data Samsung
Cara backup data Samsung. (SS)

Factory Data Reset Samsung S9

Cara reset yang pertama ini bisa dengan mudah Anda lakukan dari menu Pengaturan. Namun, pastikan dulu ponsel memiliki baterai tersisa minimal 30%.

Berikut adalah langkah-langkah cara factory reset Samsung Galaxy S9+.

1. Masuk ke menu Settings, kemudian scroll layar ke bawah dan cari menu General Management.

2. Selanjutnya pilih opsi Reset > Factory Data Reset > Reset.

Cara Factory Data Reset HP Samsung S9
Cara Factory Data Reset HP Samsung S9. (SS)

3. Terakhir, Anda hanya perlu mengklik OK pada notifikasi pop up yang muncul di layar.

Secara otomatis sistem akan melakukan reset untuk mengembalikan ponsel ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik. Tunggu hingga proses reset selesai.

Biasanya proses tersebut membutuhkan waktu 5-10 menit. Jika sudah selesai, ponsel akan melakukan restart dengan sendirinya. Setelah itu, Anda bisa langsung melakukan penyetingan dari awal.

Hard Reset

Lain halnya lagi jika Anda terpaksa harus melakukan reset dikarenakan lupa pola atau pin kunci layar yang secara otomatis Anda tidak bisa masuk ke menu Pengaturan.

1. Pertama tekan tombol Daya atau Power yang berada di sisi kanan perangkat kemudian pilih Restart. Ketika sudah muncul logo ‘Samsung‘ Anda harus dengan cepat menekan tombol Power + Bixby + Volume Atas secara bersamaan.

Hard Reset Samsung
Hard Reset Samsung. (SS)

2. Kemudian saat muncul logo ‘Samsung Galaxy S9+‘ segera lepaskan tombol Power sambil tetap menekan tombol Bixby dan Volume Atas.

3. Setelah muncul menu Android Recovery barulah Anda bisa melepaskan tombolnya. Selanjutnya, gunakan tombol volume bawah untuk mengarahkan kursor pada menu Wipe data/factory reset. Tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi.

4. Selanjutnya, Anda harus menurunkan kursor ke menu ‘Ukuhlela kabusha idatha yasembonini‘ dan tekan tombol Power untuk OK.

5. Perhatikan pada bagian pojok kiri bawah layar akan muncul keterang Wiping data. Jika sudah selesai pilih Reboot system now dan tekan tombol Power.

Selesai, hp Samsung S9+ Anda akan melakukan restart dengan sendirinya dan biasanya proses membutuhkan proses loading yang lumayan lama.

Apakah ada cara reset hp Samsung Galaxy S9 tanpa hilang data? Mungkin ada, yaitu menggunakan MRT Dongle atau BOX tapi harus membongkar ponselnya. Tapi tetap cara yang paling mudah untuk mengatasi lupa pola Samsung S9+ adalah dengan metode hard reset.

BACA JUGA: Cara Reset HP Vivo Y91 Lupa Pola

Itulah 2 cara reset hp Samsung S9 dan Samsung S9+ yang mudah dan cepat. Jika Anda masih merasa kurang paham dengan penjelasan diatas, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

Share.

Leave A Reply