RANCAH POST – Poco F3 diboyong ke Indonesia pada bulan Maret 2021, hadir dengan sistem operasi Android 11 berlapis antarmuka MIUI 12 membuat cara screenshot Poco F3 mirip dengan Poco X3 Pro ataupun Redmi Note 10 Series.

Nah, Poco F3 sendiri menjadi smartphone bertenaga Snapdragon 870 5G termurah di Indonesia. Bagaimana tidak, Poco F3 hanya dijual dengan harga mulai Rp 4.999.000 yang membuatnya layak dijuluki sebagai ‘The New Flagship Killer’.

Untuk urusan screenshot atau mengambil gambar layar, ada tiga cara termudah yang bisa dicoba pengguna. Apa saja? Yuk, cari tahu jawabannya dengan membaca artikel ini hingga tuntas.

Cara Screenshot Poco F3

Tombol Power + Volume Bawah

Tentu saja cara pertama yang bisa digunakan untuk mengambil gambar layar di Poco F3 adalah lewat tombol fisik. Bahkan cara ini terbukti efektif sejak masa keemasan leluhurnya, yakni Pocophone F1.

Adapun tombol power dan volume bawah di Poco F3 terletak di sisi kanan yang mana tombol powernya menyatu dengan fingerprint.

Screenshot Poco F3
Screenshot Poco F3. (IST)

Cukup tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan dan tahan sampai layar berkedip dan muncul bunyi rana kamera.

Apabila berhasil, pengguna dapat melihat langsung hasilnya di aplikasi Galeri, File Manager atau Google Photo.

Bar Notifikasi

Nah, jika khawatir tombol power atau tombol volume bawah cepat rusak gara-gara keseringan digunakan untuk mengambil screenshot, maka ini adalah solusi yang tepat.

Dengan cara ini pengguna tidak perlu lagi repot-repot menekan dua tombol secara bersamaan, tinggal klik dan gambar tangkapan layarnya akan tersimpan otomatis di Galeri.

Caranya hanya perlu membuka aplikasi atau halaman web yang ingin di screenshot, lalu usap layar dari atas ke bawah kemudian klik menu Screenshot.

Bar notifikasi Poco F3
Bar notifikasi Poco F3. (SS)

Sesaat setelah menu tersebut di klik, layar akan berkedip dan diiringi kedipan layar. Itu artinya pengambilan gambar screenshot telah berhasil.

Cara Screenshot 3 Jari Poco F3

Sementara itu untuk bisa mengambil screenshot dengan 3 jari di hp ini pengguna harus mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu.

Pertama masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih menu Setelan Tambahan > Pintasan Tombol > Ambil Screenshot dan pilih opsi Geser ke Bawah dengan 3 Jari.

Screenshot 3 Jari Poco F3
Screenshot 3 Jari Poco F3. (SS)

Setelah aktif, pengguna bisa langsung mencobanya yaitu dengan menggesek layar menggunakan ujung tiga jari dari atas ke bawah.

BACA JUGA: 3 Cara Screenshot Samsung Galaxy A32

Cara screenshot Poco F3 di atas memang bisa dibilang hampir 100% mirip dengan Poco X3 Pro ataupun ponsel Xiaomi lainnya.

Share.

Leave A Reply