RANCAH POST – Samsung secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan pembaruan keamanan untuk Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus. Hal ini dilakukan setelah empat tahun sejak keduanya dirilis.

Artinya, kedua ponsel ini tidak akan lagi masuk ke dalam daftar perangkat yang menerima update pertiga bulan yang dikeluarkan Samsung sejak setahun terakhir.

Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus pertama kali diluncurkan dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat. Sejak saat itu, kedua sudah menerima dua kali pembaruan OS Android.

Pembaruan keamanan sekaligus update Android 8.0 untuk Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus dirilis pada Februari 2018, sedangkan update Android 9.0 beserta One UI digulirkan pada Februari 2019.

Sementara itu, Galaxy S8 Active, Galaxy S8 Lite dan Galaxy S8 Light Luxury masih akan mendapat update keamanan dari Samsung. Namun berhubung perilisan ketiganya hanya berselang beberapa bulan dari Galaxy S8 dan S8 Plus, besar kemungkinan Samsung juga akan segera menghentikan update untuk ketiganya.

Lantas bagaimana nasib Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus? Keduanya masih masuk ke dalam daftar pembaruan keamanan triwulan hingga satu tahun ke depan.

Hingga sejauh ini, Samsung biasanya hanya merilis dua pembaruan OS terutama untuk smartphone flagship. Bulan lalu, perusahaan asal Korea Selatan itu telah mengumumkan bahwa mereka sekarang bakal merilis tiga pembaruan OS Android untuk smartphone dan tablet flagship, serta sebagian besar smartphone mid-range.

Selain itu, mereka juga berjanji bakal memberikan pembaruan keamanan ponsel selama empat tahun ke depan sejak awal peluncuran.

Dilain sisi, Samsung sudah memberikan isyarat perihal kehadiran Galaxy Note 20 Ultra 5G, Galaxy S20 FE dan Galaxy A52.

BACA JUGA: Diskon 900 Ribu, Harga Samsung Galaxy A51 RAM 8 GB Jadi Makin Murah

Ketiga smartphone tersebut sudah terdaftar di situs TKDN per tanggal 15 April 2021.

Share.

Leave A Reply