RANCAH POST – Lengsernya LG dari dunia bisnis smartphone tak lekas membuat persaingan jadi longgar. Ya, sekarang ini sejumlah perusahaan pengembang smartphone dari seluruh pelosok dunia sedang berlomba untuk menciptakan teknologi kamera baru yang lebih mutakhir.

Bicara soal optik, salah satu brand yang giat mengembangkan teknologi kamera smartphone adalah Samsung. Belakangan ini, perusahaan asal Korea Selatan tersebut mengunggah sebuah video di akun Twitter miliknya.

Dalam video tersebut Samsung memperlihatkan sensor kamera 200 MP beserta lima sensor lainnya.

Meski masih dalam tahap pengembangan, seorang leaker andal Digital Chat Station yang terkenal keakuratannya dalam memberikan bocoran seputar teknologi smartphone mengklaim bahwa Xiaomi akan menjadi brand pertama yang menyematkan kamera 200 MP ke dalam ponsel besutannya.

Sayang, Digital Chat Station tidak memberikan bocoran yang lebih terperinci sehingga banyak pengamat gadget yang bertanya-tanya kapan dan smartphone Xiaomi seri apa yang akan menggunakan kamera 200 MP tersebut.

Sementara itu, leaker lain yang juga tak kalah populer, yakni Ice Universe menyebut bawah sensor 200 MP tersebut bakal memiliki piksel 0.64 µm, sebagaimana dikutip Rancah Post dari GSM Arena, Jumat (30/4/2021).

Disisi lain, ada laporan yang menyatakan jika kamera 200 MP ini akan memiliki format optik 1/1.37″, jadi lebih kecil dari GN2 (1/1.12″) dan ukurannya hampir sama dengan sensor 108 MP terbaru, HM3 (1/1.33″, 0.8 µm).

Ice Universe juga sempat melaporkan Samsung akan segera merilis sensor kamera ISOCELL dengan resolusi yang sangat besar. Sensor kamera ini akan menggunakan teknik photo binning, dimana pada kondisi cahaya minim, kamera akan mengambil foto berukuran 50 MP atau 12.5 MP.

BACA JUGA: Ponsel Anyar Nokia dengan Kamera 108 MP dan 5G Siap Diperkenalkan

Tak cuma itu, fitur lain dari sensor S5KGND 200 MP milik Samsung adalah CMOS dengan dual native ISO, dukungan output video 16K, dan fokus quad-core.

Share.

Leave A Reply