RANCAH POST – Vivo X60 dan X60 Pro sudah dilengkapi dengan teknologi kamera canggih hasil kerjasamanya dengan pabrikan optik asal Jerman ZEISS yang tidak dimiliki oleh hp Vivo lain. Meski begitu cara screenshot Vivo X60 ataupun Vivo X60 Pro masih sama dengan seri sebelumnya.

Ya, cara screenshot Vivo X60 Series bisa dilakukan dengan tiga metode berbeda, yakni lewat tombol fisik, menu Screenshot di Control Center dan juga menggunakan 3 Jari.

Mau tau gimana caranya? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Cara Screenshot Vivo X60 dan Vivo X60 Pro

Lewat Tombol Fisik

Sama seperti hp Vivo lain, pengguna Vivo X60 ataupun Vivo X60 Pro bisa memanfaatkan kombinasi tombol fisik untuk mengambil screenshot.

Kombinasi tombol fisik yang di maksud adalah tombol Power dan Volume Bawah (-). Kamu cukup arahkan layar pada area yang akan di screenshot lalu tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan.

SS Vivo X60 Pro dengan tombol fisik
SS Vivo X60 Pro dengan tombol fisik. (IST)

Layar akan berkedip dan terdengar bunyi rana kamera, itu artinya screenshot telah berhasil dan hasilnya dapat di cek di aplikasi Galeri.

Fitur Screenshot di Control Center

Hampir mirip dengan Xiaomi dan Honor, Vivo juga memang sudah sejak lama menyisipkan fitur Screenshot di Control Center. Fitur tersebut bisa ditemukan dengan cara mengusap layar dari atas ke bawah.

Jadi, jika sewaktu-waktu pengguna ingin meng-capture gambar layar tinggal pilih menu Tangkapan Layar Super seperti yang ada pada gambar berikut.

Screenshot Vivo X60 tanpa tombol

Sesaat setelah fitur tersebut di klik layar akan berkedip dan muncul bunyi shutter kamera sebagai penanda bahwa screenshot telah selesai.

Pengguna dapat melihat atau bahkan langsung menghapus hasil jepretannya dari aplikasi Galeri.

Cara Screenshot Vivo X60 Menggunakan 3 Jari

Selain kedua cara di atas, pengguna Vivo X60 Series juga bisa mengambil gambar cuplikan layar dengan 3 jari loh. Akan tetapi untuk menggunakan cara ini, pengguna harus mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu.

Gampang kok, tinggal masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Tangkapan Layar > Ambil Tangkapan Layar dengan Cepat > terakhir klik tombol geser yang berada di samping kanan menu Penangkapan Layar dengan Gesek Tiga Jari.

Cara Screenshot 3 jari Vivo X60

Setelah fiturnya aktif, pengguna bisa langsung mencobanya yaitu dengan cara mengusapkan tiga ujung jari ke layar dari atas ke bawah.

Seperti biasanya akan terdengar bunyi rana kamera yang diiringi kedipan layar apabila screenshot selesai diambil. Hasilnya bisa di cek di aplikasi Galeri.

BACA JUGA: Cara Screenshot Xiaomi Redmi Note 10

Itulah tiga cara termudah untuk mengambil screenshot di Vivo X60 dan Vivo X60 Pro. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply