RANCAH POST – Salah satu syarat utama agar bisa mendaftar akun Prakerja adalah memiliki nomor hp yang masih aktif, tapi apa jadinya jika nomor hp Prakerja hangus?

Mengganti nomor hp yang sudah terdaftar di akun kartu Prakerja memang tidak bisa dilakukan sembarang, melainkan harus mengikuti semua prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara program kartu Prakerja.

Ada beberapa alasan mengapa peserta ingin mengganti nomor hp mereka yang sudah didaftarkan sebelumnya, bisa karena kartu sudah melewati masa aktif, hilang dan lain sebagainya.

Terkait masalah nomor hangus, ada salah satu peserta curhat kepada tim Rancah Post bahwa nomor hp yang didaftarkannya untuk mendaftar akun Prakerja hangus karena sudah melewati masa aktif.

Pada saat nomor tersebut didaftarkan, ia mengaku memang belum lolos alias masih gagal terhitung dari gelombang 1 hingga gelombang 12. Nah, pada saat pengumuman gelombang 13 akhirnya ia berhasil lolos.

Namun, seperti yang sudah dikatakan tadi nomor hp prakerja nya sudah terlanjur hangus, nomor hp yang ia daftarkan adalah nomor dari provider MPWR.

Meski begitu bukan berarti dia menyerah, ia mengaku sempat menghubungi pihak MPWR melalui akun sosial medianya di Facebook dan Instagram dengan harapan nomor hpnya yang terhubung dengan akun prakerja bisa dihidupkan kembali.

Akan tetapi admin akun sosial media MPWR mengatakan jika nomor yang sudah tidak aktif, maka no tersebut akan dikarantina alias tidak akan pernah bisa dihidupkan kembali.

Saat sudah hampir putus asa, peserta kartu Prakerja yang tidak mau disebutkan namanya itu pun mencoba untuk mengganti nomor hpnya yang sudah hangus tersebut dan ternyata berhasil.

Berikut adalah langkah-langkah yang dia lakukan untuk mengganti nomor hp Prakerja nya yang sudah hangus.

Cara Ganti Nomor HP Prakerja

  • Siapkan nomor hp yang masih aktif dan dapat menerima SMS.
  • Buat akun DANA, OVO, Link Aja atau GoPay terlebih dahulu. Agar lebih mudah silahkan kamu pilih GoPay.
  • Selesai membuat akun, langsung saja upgrade ke GoPay Plus. Sebab, agar insentif bisa dicairkan kamu harus memiliki e-wallet yang sudah KYC alias sudah Premium.
  • Tunggu proses upgrade GoPay Plus disetujui, jika sudah barulah kamu bisa mengganti nomor Prakerja.
  • Caranya, masuk ke halaman www.prakerja.go.id, kemudian login menggunakan alamat email yang sudah kamu dafatrkan sebelumnya.
  • Selanjutnya masuk ke menu Profil lalu klik tombol Ubah yang berada di samping menu Nomor Telfon.
  • Kemudian masukkan nomor hp baru kamu dan masukkan kode verifikasi yang dikirim Prakerja lewat SMS ke nomor hp yang kamu tadi.
  • Tunggu hingga kamu menerima SMS notifikasi yang memberitahukan bahwa pergantian nomor telah berhasil dilakukan.

Selamat, kini nomor hp Prakerja kamu yang hangus sudah berhasil diganti, sekarang kamu tinggal mengklik Sambungkan Rekening dan membeli pelatihan.

BACA JUGA: Cara Daftar Kartu Prakerja

Jika pada saat ini kamu sedang mengalami persamalahan yang sama, kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply