Jumat, Desember 4, 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Daftar Kartu Prakerja, Gampang Banget Kok!

Cara Daftar Kartu Prakerja, Gampang Banget Kok!

RANCAH POST – Meskipun bisa dibilang cukup mudah, ternyata masih banyak masyarakat Indonesia yang kesulitan dan masih belum tau bagaimana cara daftar kartu Prakerja.

Hal penting yang harus diperhatikan ketika hendak mendaftar kartu Prakerja adalah memiliki kuota internet yang cukup, KTP, nomor hp dan juga alamat email yang masih aktif.

Adapun langkah-langkah cara mendaftar kartu Prakerja secara online adalah sebagai berikut.

Cara Daftar Kartu Prakerja

1. Langkah pertama, buka aplikasi browser yang ada di perangkat Anda lalu kunjungi situs https://www.prakerja.go.id/.

2. Setelah berhasil masuk ke laman Prakerja, silahkan Anda klik tombol Daftar Sekarang.

Daftar Prakerja
Daftar Prakerja. (SS)

3. Kemudian masukkan alamat email yang masih aktif dan juga buat password atau kata sandi yang sekiranya mudah Anda ingat.

Cara mendaftar Prakerja
Cara mendaftar Prakerja. (SS)

4. Jika sudah, jangan lupa centang kolom ‘Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku‘ > Klik tombol Daftar.

Cara mendaftar kartu Prakerja
Cara mendaftar kartu Prakerja. (SS)

5. Selanjutnya prakerja akan mengirimkan link verifikasi ke alamat email yang Anda masukkan tadi. Nah, silahkan Anda buka aplikasi Gmail, buka email yang dikirim Prakerja > Klik tombol Verifikasi Email Sekarang.

Cara verifikasi email Prakerja
Cara verifikasi email Prakerja. (SS)

Perlu diingat, jika email tidak kunjung muncul silahkan Anda cek di folder Spam.

6. Lalu klik tombol Lihat Dashboard, kemudian ketikkan email dan password yang sudah Anda buat tadi ke dalam kolom yang sudah disediakan > Login.

Cara login kartu Prakerja
Cara login kartu Prakerja. (SS)

7. Langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasuk Nomor KTP, Nomor Kartu Keluarga dan juga tanggal lahir. Jika sudah klik tombol Lanjutkan.

8. Selesai mengisi form KTP dan Nomor KK, lanjutkan ke proses pengisian form data diri. Disini Anda akan diminta untuk memasukan alamat lengkap, silahkan Anda sesuaikan dengan apa yang tertera di KTP.

9. Terakhir Anda tinggal melakukan verfikasi nomor hp. Usahakan nomor hp yang digunakan telah terhubung ke OVO, GOPAY ataupun LinkAja untuk mempermudah proses pencarian intensif.

Jangan senang dulu, karena Anda masih harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.

Nah, ketika hendak mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar Anda harus mempersiapkan tempat dan waktu, karena test tersebut membutuhkan waktu selama 25 menit dengan 18 soal.

Jadi pastikan Anda berada pada tempat yang nyaman serta memiliki waktu selama 25 menit.

Tahap terakhir Anda tinggal klik Gabung pada gelombang sudah ada. Namun, jika gelombang tidak ditemukan itu artinya Anda harus sedikit sabar menunggu.

Untuk mengetahui kapan gelombang selanjutnya tersedia, silahkan Anda pantau informasinya dari akun Instagram resmi kartu Prakerja, yaitu @prakerja.go.id.

BACA JUGA:

Demikianlah pembahasan mengenai cara daftar Prakerja, semoga beruntung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here