RANCAH POST – Cara termudah untuk mengambil gambar screenshot di iPhone 12, iPhone 12 Pro atau iPhone 12 Pro Max adalah melalui tombol fisik atau lewat menu AssistiveTouch.

Penerus dari lini iPhone 11 Series ini resmi dijual di Indonesia sejak tanggal 11 Desember 2020 dengan banderol harga fantastis.

iPhone 12 Mini yang merupakan model paling rendah dari seri ini dipasangi label harga mulai Rp12.999.000, sedangkan iPhone 12 reguler dipatok harga mulai dari Rp14.999.000.

Sementara iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max masing-masing dijual dengan harga mulai Rp18.499.000 dan Rp20.499.000.

Meskipun hadir dengan spesifikasi yang berbeda antara satu sama lain, cara mengambil gambar cuplikan layar di keempat model iPhone 12 tersebut bisa dilakukan dengan metode yang sama.

Agar tidak penasaran, Anda bisa menyimak tutorial cara screenshot iPhone 12 berikut ini.

Cara Screenshot iPhone 12, 12 Pro dan 12 Pro Max

Tombol Fisik

Serupa dengan seri sebelumnya, Anda bisa menggunakan kombinasi dua tombol fisik (Tombol Power + Volume Atas) untuk mengambil screenshot di seri iPhone 12.

Caranya, cukup buka area layar yang ingin di screenshot lalu tekan tombol power yang berada di sisi kanan dan tombol volume atas (+) di sisi kiri perangkat.

Screenshot iPhone 12 dengan tombol fisik
Screenshot iPhone 12 dengan tombol fisik. (IST)

Apabila berhasil, layar akan berkedip dan muncul kotak preview di sisi kiri bawah. Anda bisa mengklik kotak tersebut untuk mengeditnya.

Menu AssistiveTouch

Kemudian cara yang terakhir adalah dengan memanfaatkan menu AssistiveTouch. Namun sebelum itu, Anda diharuskan untuk mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu.

Pertama masuk ke menu Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > Pilih AssistiveTouch klik pada tombol geser yang berada di samping menu tersebut untuk mengaktifkannya. Atau jika Anda males ribet, silahkan gunakan ‘Hey Siri’ untuk mengaktifkan AssistiveTouch.

Setelah itu, Anda hanya perlu mengklik tombol Customize Top Level Menu, kemudian tentukan salah satu menu yang ingin Anda ganti dan pilih menu Screenshot.

Selesai, kini setiap kali Anda ingin mengambil screenshot tinggal klik tombol AssistiveTouch dan pilih menu Screenshot.

BACA JUGA: Cara Screenshot iPhone SE (2020)

Itulah dua cara mudah yang bisa Anda pakai ketika hendak mengambil gambar cuplikan layar di iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro ataupun iPhone 12 Pro Max. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply