Viral Video, RANCAH POST – Seorang pemotor pria tiba-tiba menjadi sorotan usai dirinya paksa terobos jalur busway hingga nekat dorong petugas yang berjaga.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat ada sejumlah pemotor yang berkendara di jalur bus Transjakarta.

Tampak dua orang petugas dari PT Transjakarta pun menutup jalur tersebut dengan palang sehingga pengendara yang berada di jalur tersebut tidak bisa menerobos masuk.

Melihat hal tersebut, beberapa pengendara memutuskan untuk berpindah jalur karena memang melaju di jalur busway itu tidak diperbolehkan.

Akan tetapi, seorang pemotor justru tetap ngeyel hingga balik memarahi petugas. Bahkan, ia yang terlihat turun dari motornya langsung mendorong petugas.

Petugas lain yang ada di lokasi berusaha untuk menenangkan si pria namun ia malah membukan helm dan terus marah sembari menunjuk-nunjuk ke arah petugas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, diketahui kejadian pemotor terobos jalur busway hingga dorong petugas itu terjadi di sekitar halte Taman Kota, Koridor 3 (Pasar Baru-Harmoni), Rabu 3 Maret 2021 pagi.

“Petugas menegur pemotor yang melintas di jalur busway di kawasan Taman Kota Jakarta Barat, Koridor 3. Peristiwa terjadi pada Rabu, (3/3) pagi.” tulis akun Instagram @jkt.informasi dalam keterangan unggahannya.

https://www.instagram.com/p/CL_GNaRHIZ_/

Melansir Kompas.com, terkait insiden ini Direktur Operasional PT Transjakarta Prasetia Budi sangat menyayangkannya.

Ia mengatakan bahwa jalur busway bukanlah untuk kendaraan selain Transjakarta. Sehingga jika ngotot masuk jalur busway bisa berbahaya bagi keselamatan diri sendiri dan pengendara lain.

Kejadian serupa memang kerap kali terjadi hingga telah memakan korban jiwa. PT Transjakarta pun tengah melakukan penyelidikan terkait identitas pemotor dalam video viral itu untuk keperluan penegakan hukum.

Menurut Prasetia, PT Transjakarta konsisten mengimplementasikan aturan yang ada, salah satunya Perda DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007.

Pada Pasal 2 ayat 7 perda tersebut berisi tentang larangan kendaraan roda dua atau lebih masuk ke jalur Transjakarta.

Untuk memastikan hal tersebut, Transjakarta juga membekali seluruh armada dengan kamera CCTV.

Lalu, dipasang pula portal di jalur khusus busway serta mengerahkan petugas untuk sterilisasi jalur untuk mencegah adanya kendaraan selain busway yang masuk ke jalur tersebut.

BACA JUGA: Dihadang Petugas Karena Terobos Jalur Busway, Pemotor Berplat Merah Malah Ngamuk

Lebih lanjut, Prasetia mengatakan bahwa PT Transjakarta juga telah melakukan kerja sama dengan Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta supaya aturan yang berlaku bisa berjalan dengan baik.

Share.

Leave A Reply