RANCAH POST – Sebelum kemunculan Android, ponsel BlackBerry memiliki banyak penggemar. Hal inilah membuat BlackBerry berencana untuk kembali menghidupkan ponsel dengan qwerty fisik ikonik di tahun 2021.

Berdasarkan laporan, startup Onward Mobility yang berbasis di Texas, Amerika Serikat itu menggandeng Foxconn untuk meluncurkan ponsel anyar mereka tahun ini.

Rencananya, ponsel yang akan mempertahankan desain keyboard qwerty fisik tersebut bakal hadir dengan dukungan jaringan 5G yang akan dijual pertama kali di pasar Amerika Utara dan Eropa lebih dulu.

Sebetulnya, informasi mengenai come back ponsel BlackBerry legendaris ini sudah terdengar sejak bulan Agustus tahun lalu dan kemungkinan waktu perilisannya akan dipercepat sesegera mungkin.

“Onward Mobility berharap keberuntungan yang lebih baik melalui kemitraannya dengan FIH Mobile, perpanjangan tangan produsen ponsel Android Foxconn”, sebagaimana dikutip dari Nikkie Asia, Sabtu (13/2/2021).

Disisi lain, CEO Onward Mobility Peter Franklin berpikir bahwa keyboard fisik akan memberikan dorongan besar pada aspek produktivitas.

“Kami saat ini sedang dalam pembicaraan dengan pelanggan dan operator di seluruh dunia, memetakan jalur untuk distribusi ponsel andalan bermerek BlackBerry yang juga akan menampilkan hardware kamera top-of-the-line,” ujarnya.

Serupa dengan ponsel legendaris generasi sebelumnya, hp ini dapat melindungi pengguna dari segala macam kebocoran data dan ancaman cyber. Hal ini sejalan dengan reputasi BlackBerry yang menonjol di sektor keamanan.

Sebagai informasi tambahan, sebelum pamornya meredup BlackBerry sempat mencoba peruntungannya dengan membuat smartphone Android.

Kala itu, di tahun 2016 BlackBerry berkolaborasi dengan TCL yang melahirkan smartphone BlackBerry KEYOne, Motion dan KEY2 KEY 2 LE.

Seri BlackBerry KEY dinilai menjadi jajaran smartphone menarik. Pasalnya, ponsel membawa desain BlackBerry yang ikonik dengan keyboard qwerty fisik di saat vendor lain berlomba menciptakan smartphone dengan desain layar full screen.

BACA JUGA: BlackBerry Rilis Dua Smartphone Layar Penuh, Evolve dan Evolve X

Namun sayang, kerjasamanya dengan TCL tidak memberikan hasil yang signifikan dan akhirnya kemitraannya dengan TCL berakhir pada Februari 2020.

Share.

Leave A Reply