Viral Video, RANCAH POST – Baru-baru ini media sosial tengah diramaikan dengan unggahan video netizen yang melakukan pembongkaran chip KTP elektronik atau e-KTP.

Video tersebut terus menyebar dan viral seiring dengan rumor chip tersebut bisa dipergunakan aparat kepolisian untuk melacak keberadaan seseorang.

Dalam video tersebut terlihat seseorang tengah merekam aksi mencongkel e-KTP dengan menggunakan pisau hingga chip yang berada di dalamnya bisa diangkat.

“jadi ini yg kalian yg kalian resahkan?? heh!! #tiktokofficialindonesia #viral #fypシ #fypdongggg #fyp,” tulis akun TikTok @cutmuliaqey.

https://www.tiktok.com/@cutmuliaqey/video/6928221077218888962?is_copy_url=1&is_from_webapp=v1

Selain itu, terdapat pula akun yang mengunggah video saat mereka menemukan chip di dalam e-KTP dengan cara menyenternya.

Ia pun menuliskan narasi jika chip di KTP itu diduga merupakan alat agar bisa melacak pemiliknya.

“#fyp #viralkan ,.. ikutan yang lagi viral,Ternyata Bener ada chif nya,Biar bisa dilacak…!!!!,” tulis akun TikTok @awie_saymona.

Video pembongkaran chip KTP elektronik yang disebutkan bisa melacak pemiliknya itu pun membuat warganet heboh dan banyak bertanya-tanya terkait kebenaran rumor tersebut.

TUKANG SITA HP, “Itu tmpt datanya bro, tp misalnya kalo emang bisa dilacak, emang lu siapa? mang lu penting untuk penting untuk dilacak? kek pemeran utama aja lu di film.

Veronica Ang, “kalau kagak ada chipnya.. namanya ktp doang. bukan e ktp.. pembunuh? perampok? takut amat ama chip,”

Bukan manusia super, “NAMANYA JUGA E-KTP YA KAYAK GITU ISINYA, KALO ISINYA BIHUN MA WORTEL NTAR NAMNYA JADI RISOL,”

Melansir Kompas.com, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Cukcapil Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh pun memberikan penjelasan terkait hal ini.

Menurutnya, dalam e-KTP memang ada chip yang berada di sekitar lapisan keempat. Akan tetapi, ia menegaskan bahwa chip KTP tersebut hanya berfungsi untuk menyimpan data KTP elektronik saja, bukan berisi chip yang bisa melacak lokasi seseorang.

Lebih lanjut, data kependudukan itu hanya dapat dibuka dengan card reader atau kerja sama antara lembaga pengguna dengan Lembaga Direktorat Dukcapil.

BACA JUGA: VIRAL Foto KTP Wanita ini Diambil Saat Tertawa Ngakak, Ternyata Begini Ceritanya

Terkait viralnya aksi pembongakaran chip KTP elektronik itu Zudan pun sangat menyayangkannya. Pasalnya, KTP merupakan dokumen penting bagi pemiliknya.

Share.

Leave A Reply