32.2 C
Ciamis
Beranda Teknologi Sosial Media VIRAL Munculnya Awan Mirip Ombak di Langit Bandara YIA, Begini Penjelasannya

VIRAL Munculnya Awan Mirip Ombak di Langit Bandara YIA, Begini Penjelasannya

Sosial Media, RANCAH POST – Munculnya fenomena awan mirip ombak di langit Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi viral.

Ya, viralnya fenomena tersebut usai sejumlah akun membagikan foto dan videonya ke media sosial, salah satunya akun Instagram @fakta.indo.

Dalam video tersebut terlihat si pengunggah merekam langit di sekitar Bandara Internasional Yogyakarta yang diselimuti awan hitam pekat bergulung yang mirip ombak raksasa.

Video awan mirip gulungan ombak di Bandara YIA itu sempat menuai atensi warganet di media sosial.

Melansir dari Detik.com, Kepala Stasiun Meteorologi YIA, Warjono, mengatakan bahwa awan itu merupakan awan Arcus atau roll cloud yang memiliki pola pembentukan horizontal memanjang.

Fenomena itu tejadi lantaran adanya pertemuan masa udara hanngat dan dingin. Masa udara hangat dari laut dan masa udara dingin dari darat, yang membuat awan menggulung ini biasanya diikuti hujan dan turbulensi.

“Penampakan awan di Bandara Yogyakarta
.
Situasi kondisi kemarin pagi (15/1) di kawasan pantai dan Bandara Baru. Aktifitas penerbangan normal. Pengunjung nampak sepi di pantai Glagah dan Congot.” tulis akun Instagram @fakta.indo dalam keterangan unggahan videonya.

https://www.instagram.com/p/CKFkXT8ABIL/

Tak ketinggalan, warganet pun langsung meramaikan unggahan tersebut dengan ribuan komentar dan like.

michael.imk, “Well sebenarnya ad penjelasan nya kenapa bs seperti itu, itu namanya roll cloud. Awan tersebut berbentuk kolom horizontal yang dapat menggelinding atau bergulung panjang apabila dalam awan mengalami perbedaan arah angin di lapisan bagian atas dan bawah. Hal tersebut terjadi ketika suatu aliran udara dingin yang turun dari awan cumulonimbus. CMIIW”

swastika_nd, “Kemarin pagi ini, klo pagi ini cerah langit bandara YIA krn saya setiap hari lewat YIA pulang pergi. Kemarin pagi memang cuaca buruk, langitnya bergulung mengerikan, sekian”

BACA JUGA: Viral Video Fenomena Awan Gelombang Tsunami di Meulaboh Aceh, Pertanda Apa?

gandhong_oentoro, “Disaat alam ingin mengambil alih apa yang menjadi miliknya, tapi kalian malah bilang alam sedang tidak bersahabat dengan kita, sebenarnya kita yang selalu membuat alam marah .”

Stay Connected

105,110FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here