Sabtu, 26 September 2020
Beranda Teknologi Viral Video Viral Video Fenomena Awan Gelombang Tsunami di Meulaboh Aceh, Pertanda Apa?

Viral Video Fenomena Awan Gelombang Tsunami di Meulaboh Aceh, Pertanda Apa?

Viral Video, RANCAH POST – Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan sebuah rekaman video yang memperlihatkan penampakan awan berbentuk tsunami di atas Kota Meulaboh, Provinsi Aceh, Pada Senin 10 Agustus 2020.

Rekaman video tersebut viral usai dibagikan oleh sejumlah warganet. Dalam video tersebut terlihat awan berbentuk gelombang tsunami raksasa di langit Meulaboh.

Salah satu akun yang mengunggah video kemunculan awan berbentuk gelombang tsunami itu adalah akun Instagram @nenk_update.

“Penampakan awan seperti gelombang air laut di langit Meulaboh, Aceh Barat, Senin pagi (10/08/2020)⁣

Warga Meulaboh, Aceh Barat, dibuat merinding oleh penampakan awan badai menyerupai air laut raksasa di langit kota mereka pada Senin pagi (10/08/2020).⁣” tulis akun Instagram @nenk_update.

Tentu saja, kemunculan awan berbentuk gelombang tsunami tersebut membuat warga sekitar merasa ngeri sekaligus khawatir. Beragam komentar bermunculan dari warganet yang bertanya-tanya tentang awan ini.

_azkiyaa, “Di Lombok pernah gini juga pas abis trauma healing abis gempa. Jadi kaya parno gitu kirain mau gempa lagi eheheh”

morde33_, “Tolong jgn ada netijen yg terlalu mendramatisir fenomena ky gini. Cukup blg MashaAllah yuk dalem hati🥺”

ciiendellnopphie, “Merinding lihat langit kayak gni,, emg dasarx phobia langit.. Malah lihat ini rsax gmn gt🙈🙈”

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Kompas.com, Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini BMKG, Miming Saepudin, buka suara mengenai video viral tersebut.

Menurutnya, secara ilmiah fenomena awan tersebut disebut dengan awan arcus. Ia juga mengatakan bahwa fenomena berbentuk tsunami di Meulaboh ini merupakan fenomena yang relatif jarang terjadi.

Awan arcus sendiri adalah jenis awan rendah dan mempunyai formasi pembentukan horizontal.

Miming menjelaskan, awan arcus ini terbentuk sebagai hasil tidak stabilnya atmosfer sepanang atau di depan pertemuan massa udara yang lebih dingin yang mendorong naiknya massa udara hangat dan lembab.

Miming menyebut, awan ini bisa menimbulkan berbagai kondisi cuaca buruk seperti angin kencang, dan hujan lebat yang disertai kilat atau petir.

Namun, munculnya awan arcus di Aceh ini tidak ada hubungannya dengan potensi gempa atau kisah-kisah mistis seperti isu yang beredar di masyarakat, karena murni merupakan fenomena awan yang terjadi akibat dinamika atmosfer.

Selain diunggah oleh akun Instagram @nenk_update, video kemunculan awan berbentuk gelombang tsunami di Meulaboh itu juga diunggah oleh akun Twitter @masawep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,954FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan