26.8 C
Ciamis
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Tidak Masuk Jika Aplikasi Tidak Dibuka

Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Tidak Masuk Jika Aplikasi Tidak Dibuka

RANCAH POST – Kenapa pesan WhatsApp tidak masuk jika tidak dibuka? Pertanyaan tersebut akhir-akhir ini banyak dilontarkan oleh pengguna hp Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo ataupun brand lainnya.

Hal tersebut bisa dibilang bukanlah hal yang cukup wajar, mengingat ketika ada pesan WA yang masuk maka secara otomatis akan muncul notifikasi di layar.

Munculnya permasalahan tersebut tentu membuat penggunanya menjadi tidak nyaman. Sebab, mereka menjadi harus membuka WhatsApp terlebih dahulu untuk mengecek satu persatu pesan yang masuk.

Parahnya lagi, kondisi ini tak terjadi sekali dua kali saja, melainkan secara terus menerus. Nah, jika pada saat ini adapun mengalami permasalahan yang sama jangan emosi dulu, mending cari tau penyebab sekaligus cara mengatasinya dengan membaca artikel ini hingga tuntas.

Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Tidak Masuk Jika Tidak Dibuka

Aktifkan Data Latar Belakang Aplikasi WhatsApp

WhatsApp sejatinya merupakan aplikasi yang selalu berjalan di latar belakang. Itu artinya, pada saat aplikasi WhatsApp ditutup alias sedang tidak dibuka, aplikasi chatting satu ini akan terus berjalan sendiri.

Oleh sebab itu, apabila pesan WA masuk hanya pada saat aplikasinya dibuka, kemungkinan data latar belakang WhatsApp di hp Anda telah dinonaktifkan.

Untuk menghidupkannya kembali, masuk ke menu Setting > Aplikasi > Cari aplikasi WhatsApp > Penggunaan Data > Lalu aktifkan tombol yang berada di samping menu Data Latar Belakang.

Pesan WhatsApp tidak masuk jika tidak dibuka Samsung
Pesan WhatsApp tidak masuk jika tidak dibuka Samsung. (SS)

Matikan Mode Hemat Daya

Hampir kebanyakan smartphone Android keluaran masa kini telah memiliki dukungan fitur hemat daya. Pada dasarnya fitur tersebut sengaja disematkan untuk membantu baterai agar lebih tahan lama.

Tapi tahukah Anda, jika fitur tersebut akan membuat aplikasi yang berjalan dilatar berlakang jadi terhenti. Salah satunya adalah WhatsApp.

Jadi, jika pesan WA di hp Anda yang masuk saat aplikasi di buka, kemungkinan itu adalah efek samping dari penggunaan fitur hemat daya.

Cara menonaktifkan fitur tersebut cukup sederhana, tinggal masuk ke menu Setting > Baterai > lalu klik tombol yang berada di samping menu Mode Hemat Daya.

Cara menonaktifkan fitur hemat baterai
Cara menonaktifkan fitur hemat baterai. (SS)

Keluar Dari Mode Hemat Data

Apabila kedua cara di atas sudah dicoba tapi aplikasi WhatsApp Anda tak kunjung normal, mungkin letak persamalahannya ada di mode penghemat data.

Ya, sama seperti fitur hemat daya, ini juga merupakan salah satu fitur yang tak kalah penting. Fitur satu ini berfungsi untuk membatasi semua aplikasi agar tidak mengkonsumsi data (kuota) berlebih.

Namun tetap saja, hal tersebut juga akan berdampak pada WhatsApp yang hanya bisa menerima pesan saat aplikasi dibuka saja.

Nah, cara keluar dari mode ini juga sangat gampang. Buka menu Setting > Jaringan Seluler > Penggunaan Data > lalu klik dan matikan tombol Penghemat Data Pintar.

Cara menonaktifkan fitur hemat kuota
Cara menonaktifkan fitur hemat kuota. (SS)

BACA JUGA: Cara Download Aplikasi WhatsApp Transparan di Android

Itulah ketiga cara ampuh untuk mengtasi pesan WA tidak masuk jika tidak dibuka di hp Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi ataupun merek lainnya. Semoga bermanfaat.

Stay Connected

105,340FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here