23.5 C
Ciamis
Beranda Teknologi Aplikasi 6 Aplikasi Screenshot PC dan Laptop Terbaik 

6 Aplikasi Screenshot PC dan Laptop Terbaik 

Hadirnya aplikasi screenshot PC atau laptop sangat bermanfaat bagi para penggunanya untuk melakukan tangkapan layar aktivitas di perangkat PC/laptop.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut kita menangkap berbagai hal, misalnya pesan eror yang tampil di layar PC, dan informasi tertentu sesuai kebutuhan pengguna.

Menariknya lagi, beberapa aplikasi screenshot yang hadir dapat kita install dan gunakan secara gratis. Pastinya lebih mempermudahmu dalam mengambil tangkapan layar.

Berkaitan dengan hal tersebut, di artikel kali ini Rancah Post punya beberapa rekomendasi aplikasi screenshot yang bisa kalian gunakan di PC/laptop.

Nah, dengan begitu kalain akan bisa lebih mudah memilih aplikasi mana yang tepat karena kami akan membahas beserta fitur-fitur yang dimilikinya.

Kumpulan Aplikasi Screenshot PC Terbaik

Langsung saja, berikut ini beberapa aplikasi screenshot yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

LightShot

LightShot
LightShot. (IST)

LighShot menjadi salah satu aplikasi screenshot yang cukup populer digunakan oleh para pengguna perangkat PC/laptop.

Aplikasi ini mempermudah kalian untuk mengambil tangkapan layar di area mana pun sesuai keinginan.

Keunggulan yang dimiliki Lightshot adalah memungkinkanmu untuk langsung melakukan editing pada screenshot sebelum disimpan.

Editing tersebut meliputi penambahan tanda panah, teks, tulisan tangan, garis, dan penanda. Lalu, hasil screenshot bisa disimpan atau dibagikan langsung ke media sosial.

Snipping Tool – Aplikasi Screenshot PC Windows 7, 8, 8.1, 10

Snipping Tool Aplikasi Screenshot PC Windows 7 8 8.1 10
Snipping Tool. (IST)

Snipping Tool merupakan aplikasi tangkapan layar bawaan yang dapat kalian gunakan dengan mudah baik di Windows 7, 8, 8.1, maupun Windows 10.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian bisa melakukan screenshot layar penuh, area layar tertentu, dan lainnya.

Selain itu, kalian bisa menikmati beberapa fitur yang dimiliki Snipping Tool, yakni pensil, penanda, penghapus, dan lainnya.

Lalu, simpan hasil screenshot dengan empat pilihan jenis format file, kalian bisa memilih JPEG, PNG, GIF, atau MHT.

BACA JUGA: Aplikasi Desain Rumah

GreenShot

GreenShot
GreenShot. (IST)

Sama seperti aplikais-aplikasi sebelumnya, GreenShot juga memudahkan para penggunanya untuk melakukan tangkapan layar di area mana pun.

Terdapat beberapa mode capture yang bisa kalian pilih, yakni di jendela aktif, di area yang diinginkan, dan mengambil tangakpan layar penuh alias full screen.

Salah satu keistimewaan GreenShot adalah membuat penggunanya vsa meng-capture halaman situs secara penuh walaupun sangat panjang. Wah, keren banget!

ShareX – Aplikasi Screenshot PC Gratis

ShareX Aplikasi Screenshot PC Gratis
ShareX. (IST)

Selanjutnya ada ShareX yang memiliki banyak fitur yang wajib kalian ketahui, seperti scrolling capture untuk screenshot halaman panjang, Webpage Capture di berbaga alamat situs, menambahkan watermark dan lain-lain.

Seluruh hasil screenshot yang sudah diambil dengan menggunakan aplikasi ini akan dimunculkan di halaman utama aplikasi yang tampilannya mirip galeri.

Sehingga kamu pun akan lebih mudah untuk melihat atau mengelola gambar yang sudah diambil. Tidak hanya bisa melakukan tangkapan layar, ShareX juga bisa merekam layar jadi video dan GIF.

ScreenPresso

ScreenPresso
ScreenPresso. (IST)

Aplikasi berikutnya ini tak kalah menarik untuk kalian gunakan. ScreenPresso bisa dibilang sangat serba bisa, karena bisa melakukan screenshot skealigus perekam lahyar PC.

Selain itu, terdapat pula fitur-fitur yang bikin kalian makin nyaman menggunakannya, yakni bubble, arrow, ractangle, dan simbol serta icon menarik.

Aplikasi yang bisa digunakan dalam versi berbayar dan gratis ini hanya tersedia khusus untuk sistem operasi Windows.

FastStone Capture

FastStone Capture
FastStone Capture. (IST)

FastStone Capture menjadi aplikasi screenshot PC yang bisa kalian download karena memiliki fitur yang lengkap namun ukurannya cukup ringan.

Kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan tangkapan layar dengan berbagai mode, seperti seleksi bebas, full screen, hingga jendeal aktif.

Menariknya, hasil screenshot dapat langsung disimpan ke PC atau dibuka di aplikasi lain, seperti excel, powerpoint, word, dan lainnya.

BACA JUGA: Aplikasi Screenshot Terbaik

Itulah beberapa aplikasi screenshot PC terbaik yang telah kami beri tahu. Semoga dapat bermanfaat ya, guys.

Stay Connected

105,335FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here