24.5 C
Ciamis
Beranda Teknologi Aplikasi 8 Aplikasi dan Situs Cek Plagiasi Terbaik untuk Digunakan

8 Aplikasi dan Situs Cek Plagiasi Terbaik untuk Digunakan

Aplikasi cek plagiasi (plagiarisme) bisa kita gunakan untuk memastikan bahwa konten, karya tulis, atau skripsi yang kita buat itu orisinil.

Selain memastikan karya tulis sendiri, kita juga bisa mengecek karya tulis milik orang lain apakah itu benar-benar buatan mereka atau ternyata hasil jiplakan.

Seperti kita ketahui, kegiatan copy-paste atau plagiat terhadap karya seseorang pastinya bisa merugikan bagi si pembuatnya.

Bukan hanya sekedar copy-paste teks, plagiarisme juga melipiti penjiplakan atau pengambilan pendapat atau ide orang lain, lalu mengakuinya jadi hasil kara sendiri.

Nah, jika kamu adalah seorang penulis, blogger, atau mahasiswa, sangat penting untuk selalu menggunakan aplikasi plagiarisme checker untuk memastikan hasil karya kita memang orinisil.

Kini, kita bisa mengecek plagiasi dengan memanfaatkan aplikasi yang dapat kita install di smartphone Android. Mau tahu apa saja aplikasinya?

Daftar Aplikasi Cek Plagiasi Terbaik

Langsung saja, di artikel kali ini Rancah Post telah merangkum dari beberapa sumber mengenai aplikasi dan situs yang bisa digunakan untuk cek plagiat pada kontenmu.

Plagiarism Checker by Prepostseo.com

Plagiarism Checker by Prepostseo.com
Plagiarism Checker by Prepostseo.com. (IST)

Aplikasi pertama yang dapat membantu menghindari adanya duplikasi atau plagiat konten dengan cepat dan mudah adalah Plagiarism Checker.

Selain itu, aplikasi buatan Prepostseo.com ini dapat digunakan untuk memindai file dokumen, txt, PDF dan tentunya dapat mendeteksi plagiarisme.

Plagiarism Checker by Prepostseo.com juga memiliki fitur yang bagus untuk menunjang keperluan penggunanya dalam mengecek plagiarisme, baik oleh guru, siswa, blogger, atau penulis.

Plagiarism Checker – Aplikasi Cek Plagiasi Gratis

Plagiarism Checker Aplikasi Cek Plagiasi
Plagiarism Checker. (IST)

Aplikasi kedua yang akan kami bahas adalah Plagiarism Checker buatan Plagiarisma.Net. Aplikasi ini bisa mendekteksi plagiat konten dengan menggunakan 5 mesin pencari.

Di antaranya seperti Google, Yahoo, Google Scholar, Google Books, dan Babel. Dengan menggunakan Plagiarism Checker ini kalian bisa memindai esai, artikel, makalah dan lainnya dengan mudah lewat smartphone.

BACA JUGA: Aplikasi Scan Barcode

Plagiarism Detection

Plagiarism Detection
Plagiarism Detection. (IST)

Plagiarism Detection adalah program desktop yang cukup populer. Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian bisa memeriksa plagiarisme dalam berbagai bahasa.

Tidak hanya itu, Plagiarism Detection juga kompatibel dengan beragam format file, mulai dari Docx, HTML, PDF, doc, dan lainnya.

Sehingga para penggunanya dapat dengan nyaman menggunakan aplikasi ini ketika memeriksa plagiarisme pada suatu konten.

Plagiarism Checker by C.A Apps – Aplikasi Cek Plagiasi

Plagiarism Checker Aplikasi Cek Plagiasi Gratis
Plagiarism Checker. (IST)

Telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna, aplikasi ini juga pas banget buat diinstall di HP kalian untuk digunakan dalam mengecek plagiasi.

Mulai mengecek plagiarisme pada konten web, makalah penelitian, atau hanya sebuah esai. Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu hanya menyalin konten asli lalu copy pada aplikasi ini.

Lalu, aplikasi ini akan mulai bekerja untuk memeriksa plagirisme pada konten tersebut. Wah, menarik banget pokoknya sobat!

Plagly – Plagiarism Checker

Plagly Plagiarism Checker
Plagly – Plagiarism Checker. (IST)

Aplikasi selanjutnya adalah Plagly – Plagiarism Checker. Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, Plagly juga bisa diandalkan dalam memeriksa plagiarisme.

Karena tidak hanya teks, kalian juga memeriksa sebuah konten dengan tuntas temasuk dengan tanda baca dan sintaksis.

Kemudian, aplikasi cek plagiasi ini juga memiliki fitur proofreading yang menyarankanmu untuk memodifikasi bagian teks, kata-mata, atau frasa.

Selain di Android, Plagly juga hadir dalam versi dekstop yang membuat kalian bisa dengan mudah menggunakannya tanpa perlu mendownload-nya terlebih dahulu.

Copyscape

Copyscape
Copyscape. (IST)

Selain aplikasi-aplikasi di atas, ada beberapa situs situs pengecek plagiasi yang bisa kalian gunakan, salah satunya adalah Copyscape.

Situs ini bisa digunakan secara gratis dan mudah, namun ada juga versi premium dan berbayar yang dilengkapi dengan fitur lebih lengkap.

DustBall

DustBall
DustBall. (IST)

Situs kedua yang bisa digunakan untuk cek plagiasi secara online adalah DustBall. Menariknya, situs ini dapat digunakan secara gratis lho, guys.

Selain bisa mendeteksi plagiat pada sebuah konten atau tulisan, situs ini juga bisa kalian manfaatkan untuk memperbaiki bahasa, dan mencari sumbersumber yang belu ditambahkan ke dalam karya tulis tersebut.

Plagiarism Checker (Smallseotools)

Plagiarism Checker Smallseotools
Plagiarism Checker (Smallseotools). (IST)

Sama seperti aplikasi plagiasi sebelumnya yang bisa mengecek plagiarisme, situs Plagiarism Checker (Smallseotools) ini pun berfungsi demikian.

Dengan menggunakan situs ini, kalian bisa mengecek 5000 karakter sekaligus dalam satu kali pengecekan. Bagaimana, tertarik menggunakannya?

BACA JUGA: Aplikasi PDF Reader

Itulah beberapa aplikasi dan situs cek plagiasi online yang bisa kalian gunakan secara gratis. Semoga bermanfaat.

Stay Connected

105,268FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here