Jumat, November 27, 2020
Beranda Berita Berita Nasional Gubernur DKI Anies Baswedan Dipanggil Polisi Terkait Kerumunan Saat Acara Habib Rizieq

Gubernur DKI Anies Baswedan Dipanggil Polisi Terkait Kerumunan Saat Acara Habib Rizieq

Berita Nasional, RANCAH POST – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil oleh polisi untuk klarifikasi terkait dengan timbulnya kerumunan massa saat berlangsungnya acara yang digelar Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Barat.

Diketahui Anies Baswedan akan datang untuk memberikan keterngan terkait hal tersebut pada hari ini, Selasa 17 November 2020, sekitar pukul 10.00.

Dalam surat dengan nomor B/19925/XI/RES.1.24/2020/Ditreskrimum, diketahui bahwa pemanggilan Anies Baswedan ini mengenai dengan dugaan peristiwa tindak pidana dengan tidak mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan.

Seperti yang sudah kita ketahui, acara yang digelar pada Sabtu, 14 November 2020 malam lalu itu merupakan hajatan pernikahan putri Habib Rizieq sekaligus perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Acara tersebut tentunya disambut meriah oleh para pendukung Habib Rizieq, mereka pun memadati kediaman Habib Rizieq hingga menutup Jalan KS Tubun.

Tak pelak, acara pernikahan putri Habib Rizieq dan peryaaan Maulid Nabi Muhammad SAW itu menuai kritikan karena dinilai sudah melanggar protokol kesehatan.

Apalagi para pendukung Imam Besar FPI itu menimbulkan kerumuman massa di lokasi dan sejumlah orang tampak tak memakai masker.

Melansir dari Detik.com, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan Pemerintah Provinsi DKI sudah melaksanakan tugas dengan memberikan imbauan sampai memberikan sanksi denda Rp 50 jura pada Habib Rizieq Shihab.

“Kami sudah melakukan tugas kami, mengingatkan, mengimbau, sosialisasi, bahkan menyurati, kemudian kita ada pelanggaran, kami tindak, kami denda,” ucap Riza.

Kemudian, Riza mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat membubarkan secara langsung kerumunan massa lantaran jumlah aparat yang terbatas. Ia sendiri sudah berkoordinasi dengan aparat terkait hal ini.

Lebih lanjut, menurut Riza, massa simpatisan yang datang tidak semua berasal dari tamu undangan. Sebelumnya, Pemprov DKI telah mensosialisasikan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Sudah imbau, sosialisasi, ada baliho, spanduk, kami minta dan sebagainya, yang datang itu kan bukan yang diundang, berbondong-bondong begitu, bukan yang diundang,” ucapnya.

BACA JUGA: Habib Rizieq Pulang ke Indonesia, Massa Padati Jalan Menuju Soetta Untuk Menyambut

Sementara itu, kabar Anies Baswedan yang akan dipanggil polisi terkait kerumunan saat acara Habib Rizieq itu sempat membuat akun Instagram pribadi Anies dibanjiri berbagai komentar dari warganet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here