Sabtu, Desember 5, 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mematikan Data Aplikasi Tertentu di HP Android dengan Mudah

Cara Mematikan Data Aplikasi Tertentu di HP Android dengan Mudah

Cara mematikan data aplikasi tertentu di semua merk HP Android wajib banget untuk kalian ketahui.

Karena di HP kalian pasti memiliki banyak aplikasi yang sudah jarang dipakai namun selalu terhubung ke jaringan internet atau berjalan di background.

Perlu kalian ketahui, ada beberapa aplikasi yang masih terus berjalan di latak belakang menyedot data seluler secara teratur walau sedang tidak digunakan.

Kalau terus-terusan begitu, kamu pasti akan merasa risih karena tak jarang kuota paket data internet selalu cepat habis.

Ditambah lagi jika kamu hanya memiliki kuota paket data internet yang terbatas, tidak unlimited atau menggunakan jaringan WiFi.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa saja menonaktifkan sementara data internet pada aplikasi tertentu di HP.

Jadi meskipun data internet tetap aktif, aplikasi yang telah dinonaktifkan akses datanya tidak bisa mengakses internet.

Dengan begitu, kuota internet kalian bisa tetap awet sesuai pemakaian karena tidak dipakai aplikasi yang berjalan di background.

Cara Mematikan Data Aplikasi Tertentu di HP Android

Langsung saja, berikut ini langkah dan cara menonaktifkan aplikasi tanpa mematikan data seluler di HP Android, kali ini kami akan memberi contoh di HP Samsung dan Xiaomi.

Cara mematikan koneksi internet aplikasi di HP Samsung

Untuk yang pertama, Rancah Post akan menjelaskan cara mematikan data internet pada aplikasi tertentu di HP Samsung dengan fitur bawaan. Yuk simak cara-caranya!

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Settings di HP Samsung.
  • Klik menu Aplikasi / Apps, lalu pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan koneksi internetnya dan klik Penggunaan Data / Mobile Data.

Cara Mematikan Data Aplikasi Tertentu di HP Samsung

  • Terakhir, nonaktifkan fitur Izinkan penggunaan data latar blkg (belakang).

Cara Menonaktifkan Koneksi Internet di HP Android

  • Lakukan cara yang sama untuk menonaktifkan data pada aplikasi lainnya.

Ketika fitur Izinkan penggunaan data latar belakang sudah dimatikan, aplikasi tersebut tidak akan terhubung lagi ke internet.

Jika sewaktu-waktu hendak digunakan kembali, lakukan langkah yang sama seperti di atas lalu aktifkan lagi fitur Izinkan penggunaan data latar belakang. Selesai!

Cara menonaktifkan akses internet aplikasi di HP Xiaomi

Cara selanjutnya adalah jika kamu ingin mematikan data internet baik seluler atau WiFi aplikasi tertentu di HP Xiaomi. Berikut cara-caranya.

  • Terlebih dahulu kalian harus membuka aplikasi Keamanan / Security di HP Xiaomi. Umumnya aplikasi bawaan ini sudah terinstall otomatis di Xiaomi.
  • Kemudian, klik menu Batasi Penggunaan Data / Data Usage. Kamu pun akan ditampilkan dengan sederet aplikasi yang ada di HP kamu.

Cara Mematikan Data Aplikasi di HP Xiaomi

  • Untuk mematikan koneksi internet WiFi atau seluler, kalin cukup klik pada opsi seluler atau WiFi sampai iconnya bergambar silang merah.

Cara Menonaktifkan Akses Internet Aplikasi di HP Xiaomi
Cara Menonaktifkan Akses Internet Aplikasi di HP Xiaomi. (IST)

Setelah itu, aplikasi yang kalian sudah nonaktifkan tidak akan terkoneksi ke internet saat aplikasi tersebut dibuka atau berjalan di latar belakang.

Ini berlaku saat data seluler sedang diaktifkan. Untuk kembali bisa dikoneksikan ke internet, lakukan cara yang sama hingga iconnya berubah jadi centang hijau.

BACA JUGA: Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth di Android

Nah, itulah cara mematikan data seluler pada aplikasi tertentu di HP Android Samsung dan Xiaomi. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here