Selasa, 20 Oktober 2020
Beranda Teknologi Hardware Konsol Game PS5 Bakal Masuk Pasar Indonesia, Ini Tanggalnya

Konsol Game PS5 Bakal Masuk Pasar Indonesia, Ini Tanggalnya

RANCAH POST – Perusahaan raksasa teknologi asal Jepang, Sony, baru saja mengonfirmasi bahwa konsol game terbaru ciptaannya, yaitu PlayStation 5 alias PS5 bakal masuk pasar Indonesia.

Informasi tersebut berhembus langsung dari perwakilan Sony di Singapura, Sony Interactive Entertainment Singapore (SIES). Sejauh ini, pihak perusaahan hanya dapat sekedar memastikan bahwa PS5 bakal dibawa masuk ke Indonesia.

Sementara itu, PlayStation 5 sudah dipastikan bakal tersedia pada 12 November 2020 di pasar Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australis, Selandia Baru dan Korea Selatan yang kemudian akan didistribusikan ke sejumlah negara lain pada 19 November mendatang.

Pertanyaanya, apakah Indonesia termasuk ke dalam daftar negara yang kebagian tanggal peluncuran 19 November tersebut?

PS5 sendiri resmi diperkenalkan Sony lewat sebuah acara bertajuk ‘PlayStation 5 Showcase’ yang disiarkan secara live streaming pada Kamis (17/9/2020) waktu setempat.

Gambar PlayStation 5
Gambar PlayStation 5. (IST/NET)

Ada dua varian model PS5 yang akan dipasarkan, yakni versi standar yang dipatok harga 500 Dolar AS (Rp7,3 juta) dan versi digital yang dibanderol harga 400 Dolar (Rp5,9 juta).

Soal spesifikasi, konsol game ini dibekali kemampuan hardware yang lebih mumpuni ketimbang pendahulunya, PS4. Bagaimana tidak, sektor jantung pacunya telah diperkuat oleh 8 prosesor AMD Zen 2 dengan CPU berkecepatan 3.5 GHz.

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang ditenagai oleh 8 prosesor AMD jaguar 1.8 GHz. Kapasitas RAM-nya pun dua kali lebih besar dari PS4, yakni 16 GB.

Bukan cuma itu, kemampuan olah grafisnya pun mendapatkan peningkatan yang sangat signifikan lantaran ditanami dengan GPU AMD yang memiliki 36 compute units (CUs) dan daya komputasi sebesar 10,28 teraflops (TFLOPs), jauh meningkat dari GPU PS4 dengan 18 CUs dan daya komputasi 1,84 TFLOPs.

BACA JUGA: Game Yang Diprediksi Akan Laris di PS 5

Media penyimpanannya juga sudah diganti menjadi SSD (Solid State Drive) yang memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibanding Hard Disk Drive (HDD) di PS4. SSD PS5 berkapasitas 825 GB yang masih bisa diperluas dengan SSD tambahan. Tak ketinggalan, PS5 pun mendukungan resolusi gambar 4K.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan