Rabu, 30 September 2020
Beranda Teknologi Sosial Media Heboh! Seorang Pendaki Wanita Memetik Bunga Edelweis, Malah Acuh Saat Ditegur

Heboh! Seorang Pendaki Wanita Memetik Bunga Edelweis, Malah Acuh Saat Ditegur

Sosial Media, RANCAH POST – Seorang pendaki wanita nekat memetik bunga edelweis di jalur pendakian Gunung Lawu, Jawa Tengah, pada Minggu 13 September 2020.

Kejadian tersebut sempat direkam dan videonya menjadi viral usai diunggah oleh beberapa akun, salah satunya akun Instagram @anakgununglawu.

Dalam video tersebut, terlihat seorang pendaki wanita yang mengenakan hijab serta masker yang menutupi sebagian wajahnya ini kepergok membawa bunga edelweis.

Seorang pendaki lain yang melihat dan merekam kejadian tersebut sempat menegur si wanita pemetik bunga.

“Mbak ko metik mbak?,” tegur perekam pada si wanita.

“Itu kata masnya,” jawab wanita yang memetik bunga abadi itu,

Namun, wanita yang tidak diketahui identitasnya itu malah acuh dan tetap memetik dan membawa bunga edelweis. Ia pun berdalih hanya mengambilnya sedikit.

“Kembaliin mbak, loh mbak ada Undang-undangnya,” ucap si perekam.

“Udah tau salah malah ngegas.
Saya mendokumentasikan vidio ini ketika saya waktu mau berangkat summit dari POS 5 Bulak Peperangan menuju ke Gupak Menjangan dan saya tidak sengaja menjumpai mbak² yang sedang asik memetik bunga Edelweiss (bungga abadi).

Ketika saya tegur si embak untuk suruh tidak memetik dan mengembalikan bunga Edelweiss itu kepada ke tempatnya si embak malah ngegass!! (Minggu 13 September 2020, Mt. Lawu 3.265 mdpl, Via Candi Cetho.) Adakah yg kenal dgn mbak ini..?” tulis akun Instagram @anakgununglawu yang merepost unggahan akun @abnerhesky_.

Padahal aksi pendaki memetik bunga edelweis itu merupakan pelanggaran. Seperti tercantum dalam UU Nomor 41 Tahun 1999, mereka yang nekat memetik bunga edelweis bisa dikenakan sanksi pidana 1 tahun penjara dan denda maksimal Rp 50 juta.

Selain itu, bunga edelweis juga dilindungi oleh Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 Pasal 33 ayat 1 dan 2 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistem.

Sontak saja, aksi pendaki wanita yang nekat memetik bunga edelweis di Gunung Lawu ini langsung dikecam.

azisrimba, “Jangan Sebut Mereka Pendaki…. Dia hanya makhluk yg naik gunung biar bisa update status foto di gunung 😲😲😲”

alan_jabbar, “Waduh … Mending gk usah naik gunung kalo cuman mau ngerusak alam.. Apalagi habis metik di jadiin konten 😤. Di kasih tau malah nyolot.. Yg gini nih harus dapet blacklist nih 👍”

karismayudha, “harusnya tegur : mbak jangan dipetik, balikin mbak, awas ga bisa pulang loh”

Melansir Tribunnews.com, diketahui wanita tersebut kini sudah meminta maaf atas perbutannya. Karena sudah ada etika baik dengan datang ke basecamp pendakian, kejadian tersebut pun akhirnya dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

BACA JUGA: VIRAL Video Kelakuan Barbar Emak-emak Petik Bunga di Tol Terekam Kamera

Kendati demikian, ia tetap mendapatkan konsekuensi berupa membuat surat pernyataan, push up 100 kali dan di-blacklist dari jalur pendakian yang masuk wilayah Karanganyar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,939FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan