Senin, 21 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Screenshot Xiaomi Redmi 9A, Dari Bar Notifikasi dan 3 Jari

Cara Screenshot Xiaomi Redmi 9A, Dari Bar Notifikasi dan 3 Jari

RANCAH POST – Layaknya ponsel Xiaomi lain pada umumnya, cara screenshot Xiaomi Redmi 9A bisa dilakukan dengan tiga cara berbeda, mulai dari tombol fisik, bar notifikasi dan 3 jari.

Bertepatan dengan perayaan ulang tahunnya yang ke-10, Xiaomi resmi meluncurkan ponsel entry-level terbarunya di Indonesia, yakni Redmi 9A pada 13 Agusutus 2020 lalu.

Meskipun ditujukan untuk pasar entry-level, akan tetapi spesifikasi yang ditawarkannya tidak kalah menarik. Xiaomi Redmi 9A ditunjang prosesor gaming MediaTek Helio G25.

Chip ini memiliki clock speed 2.0 GHz yang dikombinasikan dengan dua opsi RAM dan memori penyimpanan yang terdiri dari RAM 2 GB + memori internal 32 GB dan RAM 3 GB + memori internal 32 GB.

Di sisi depan, Redmi 9A menampilkan layar dot drop display seluas 6.53 inci dengan aspek rasio 20:9. Meskipun resolusi layarnya masih HD+, namun memiliki tingkat kecerahan hingga 400 nits.

Poni kecil yang dipasang di bagian tengah atas layarnya menjadi tempat kamera selfie berkekuatan 5 MP. Sedangkan kamera belakangnya memiliki resolusi 13 MP (PDAF) yang disusun secara vertikal bersama lampu LED Flash.

Xiaomi membekali Redmi 9A dengan baterai bongsor berkapasitas 5.000 mAh yang sudah mendukung teknologi pengisian cepat 10W. Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 10 berselimut antarmuka MIUI 12.

Nah, sesuai judul artikel, kali ini Rancah Post akan mengupas seputar cara yang bisa digunakan pengguna untuk mengambil screenshot di hp Xiaomi Redmi 9A ini.

Mau tau seperti apa caranya? Simak pembahasannya berikut ini.

Cara Screenshot Xiaomi Redmi 9A

Tombol Fisik

Untuk cara yang pertama, pengguna cukup menekan tombol power dan volume bawah yang terletak di sisi kanan perangkat.

Screenshot Redmi 9A dengan tombol fisik
Screenshot Redmi 9A dengan tombol fisik. (IST)

Ya, tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan dan segera lepaskan jika layar sudah berkedip serta terdengar bunyi shutter kamera.

Bar Notifikasi

Melanjutkan tradisi para pendahulunya, Xiaomi turut membekali ponsel ini dengan fitur screenshot bawaan yang diletakan di bar notifikasi.

Screenshot Redmi 9A tanpa tombol
Screenshot Redmi 9A tanpa tombol. (SS)

Ketika pengguna hendak menggunakan cara ini, cukup mengusap layar dari atas ke bawah hingga bar notifikasi muncul, kemudian tinggal pilih dan klik pada menu Screenshot.

3 Jari

Fitur screenshot jari sepertinya menjadi salah satu fitur penting yang wajib dimiliki ponsel keluaran saat ini. Selain mudah, mengambil screenshot dengan 3 jari juga menjadi kesengan tersediri.

Nah, untuk bisa melakukan hal tersebut di Redmi 9A, ada beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Buka menu Setting atau Pengaturan > Setelan Tambahan > Pintasan Tombol > Ambil Screenshot > Kemudian aktifkan Screenshot 3 Jari.

Cara screenshot tiga jari Redmi 9A
Cara screenshot tiga jari Redmi 9A. (SS)

Jika fitur tersebut sudah aktif, pengguna hanya perlu mengusap layar menggunakan ujung 3 jari dari atas ke bawah.

Screenshot 3 jari Redmi 9A
Screenshot 3 jari Redmi 9A. (SS)

BACA JUGA: Cara Screenshot Poco F2 Pro, Si Ponsel Flagship Killer

Itulah tiga cara mudah yang bisa dipakai untuk mengambil gambar layar di hp Xiaomi Redmi 9A, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,983FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan