Minggu, 27 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 7 Cara Merawat Headset Agar Tidak Cepat Rusak

7 Cara Merawat Headset Agar Tidak Cepat Rusak

Supaya tetap awet dan tidak cepat rusak, kamu wajib mengetahui cara merawat headset dan kabelnya dengan baik dan benar.

Headset merupakan salah satu benda yang harus ada di dalam tas, di manapun dan kapanpun, walaupun entah akan digunakan atau tidak.

Headset tak hanya digunakan, namun juga harus dirawat supaya tak mudah rusak. Jika ada orang yang kerap mengeluh headset yang mereka cepat rusak, coba ingat lagi, apakah sudah merawatnya dengan benar?

Karena mau sebagus dan semahal apapun headset yang kalian punya, jika tidak dirawat dengan benar pastinya tidak akan bertahan lama.

Kamu perlu memperhatikan cara menyimpannya, melipat kabel, cara penggunan, dan lain sebagainya.

Sebenarnya menjaga headset dan kabelnya tetap terawat tidaklah sulit, hanya saja sebagian orang mungkin malas untuk melakukannya.

Agar tidak ada lagi kata malas, kali ini Rancah Post punya cara yang mudah dan simpel supaya headset tetap terawat.

Cara Merawat Headset Agar Tidak Cepat Rusak

Berikut ini cara-cara agar headset milikmu tetap terawat, guys.

Jangan melipat dengan sembarangan

Lipatlah kabel headset-mu dengan rapi dan usahakan jangan sembarangan. Selain itu, hindari melipat kabel hingga sudut 90 derajat.

Jika itu dilakukan, kabel bagian dalam bisa saja terputus. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menggunakan klip atau yang lainnya untuk mengikat kabel.

Simpan di tempat yang aman

Cara merawat headset agar tidak cepat rusak, baik itu headset bluetooth atau untuk gaming, kamu perlu menyimpannya di tempat yang aman.

Misalnya saja, ketika menyimpan headset di dalam tas, usahakan kamu menyimpan tas tersebut di tempat yang aman dan tidak terduduki atau terinjak. Supaya lebih aman, kamu bisa membeli tempat atau kotak untuk menjaga headset.

Pastikan telingamu kering sebelum memakainya

Ketika hendak memakai headset, usahakan untuk memastikan dulu telingamu dalam keadaan kering, jangan sampai basah!

Selain itu, jaga headset jangan sampai terkena air. Karena jika keseringan terkena air, headset-mu bisa korsleting hingga akhirnya rusak.

Jangan menarik kabel ketika melepas

Kalau mau headset tetap awet dan tidak mudah rusak, hindarilah kebiasaan menarik kabel ketika hendak melepas headset dari perangkat.

Jika kamu sering melakukan kebiasaan ini, mulai sekarang sebaiknya harus dihindari. Pasalnya, menarik kabel ketika melepaskannya bisa membuat headset gampang rusak bahkan putus.

Maka dari itu, cara merawat headset dengan benar adalah menarik bagian steker headset ketika ingin melepaskannya dari perangkat. Ingat, jangan kabelnya!

Jangan digoyangkan ketika melepas

Selain jangan menarik kabel, hindari juga melepas headset dengan cara digoyang-goyangkan. Kalau hal ini tetap dilakukan, dapat menjadi penyebab steker dan port jack headset bisa mudah rusak.

Ada baiknya, ketika hendak melepaskan headset, tarik saja steker-nya secara lurus dan perlahan ya, guys.

Rutin dibersihkan

Cara merawat headset agar tidak cepat rusak selanjutnya adalah rutin membersihkannya. Caranya, bersihkan saja bagian-bagian yang ada nodanya dengan alkohol.

Mulanya, kamu lap saja bagian kabelnya menggunakan kain yang sudah dibahasi alkohol. Jangan sampai terlewat, bersihkan juga bagian earbud memakai cottod bud yang telah dibasahi dengan alkohol.

Hindari memakai headset ketika tidur

Selama kita tidur, posisinya pasti akan berubah-ubah tanpa kita sadari. Akibatnya, headset bisa tertarik-tarik dan membuatnya cepat rusak.

Untuk itu, jika ingin mendengarkan lagu saat hendak tidur, gunakan saja speaker eksternal. Selain membuat headset cepat rusak, mendengar musik memakai headset tidak baik bagi kesehatan.

BACA JUGA: Cara Merawat Smartphone Android Agar Tetap Awet

Bagaimana, mudah bukan cara merawat headset agar tidak cepat putus atau mati sebelah? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,949FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan