24.4 C
Ciamis
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus di HP

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus di HP

RANCAH POST – Hilangnya semua kontak yang tersimpan di ponsel tentu akan sangat membuat penggunanya menjadi galau. Akan tetapi, tak usah khawatir kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara mengembalikan kontak yang terhapus di smartphone tersebut dengan sangat mudah, kok!

Seperti yang diketahui jika kontak-kontak yang ada pada ponsel memang sangatlah penting terlebih jika berisi orang-orang terdekat dan juga kolega. Maka jika semua kontak tersebut hilang, tentunya pada saat kamu ingin menghubungi orang tersebut akan mengalami kesulitan.

Nah, akan tetapi jangan khawatir! Untuk mengatasi hal itu kamu bisa melakukan beberapa cara mengembalikan kontak terhapus di ponselmu berikut ini.

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus

Periksa Pengaturan kontak

Mungkin tak banyak yang mengetahui jika kontak HP sebenarnya bisa kamu simpan di beberapa tempat. Misalnya bisa kamu simpan di Email (akun Google), Kartu SIM, dan memori internal.

Banyak orang mengira jika kontak HP mereka terhapus, padahal tidak demikian kenyataannya. Karena bisa saja ada beberapa pengaturan yang ternyata berubah di ponselmu, sehingga menyembunyikan sederet kontak yang ada.

Untuk memeriksa dan memperbaikinya maka kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi kontak di smartphone
  • Selanjutnya, ketuk tombol titik tiga yang terdapat di bagian kanan atas aplikasi kontak.
  • Kemudian pilih Setelan.
  • Lalu, kamu bisa atur kembali pengaturan kontak di HP. Misalnya dengan Tampilkan Kontak SIM, hilangkan centang Sembunyikan Nomor Tidak Lengkap, dan pengaturan lainnya yang sekitarnya mempengaruhi hal tersebut.

Mengembalikan kontak terhapus melalui aplikasi

Cara mengembalikan kontak yang terhapus dengan menggunakan beberapa aplikasi Restore Contact yang terdapat di Google PlayStore yang dibuat untuk mengembalikan kontak terhapus pada HP Android.

Akan tetapi, kamu bisa menggunakan aplikasi ini apabila kamu baru saja menghapus kontak yang ada di HP, ya. Pasalnya, kondisi tersebut belum menghapus data seutuhnya, maka dari itu kontak yang terhapus masih dapat dipulihkan lagi.

Mengembalikan kontak melalui Google Contact

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika data kontak bisa saja tersimpan di akun Google kamu. Nah, maka kamu bisa membuka datanya melalui sebuah halaman bernama Google Contact.

Menariknya lagi, pada Google Contact ini kamu bisa menemukan sebuah fitur yang dapat mengembalikan perubahan kontak.

Dengan menggunakan fitur yang satu ini maka kontak yang terhapus di HP kamu akan menjai lebih aman dan bisa kamu kembalikan lagi. Caranya dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini.

  • Cara mengembalikan kontak yang terhapus pertama yakni dengan membuka halaman Google Contact di komputer atau laptop.
  • Kemudian pada menu bagian kiri klik tombol lainnya> Lalu klik lagi tombol Urungkan Perubahan.
  • Terakhir, kamu hanya perlu mengatur waktu recover kontak, pada saat kontak belum terhapus.

Dengan cara ini, maka kontak yang hilang karena tak sengaja terhapus tersebut bisa kamu kembalikan lagi dengan mudah.

Akan tetapi, kamu harus melakukan sinkronisasi ulang terlebih dahulu agar data-data pada kontak tersebut dapat dibaca kembali oleh ponselmu.

Mengembalikan kontak melalui EaseUS MobiSaver

Untuk bisa mengembalikan kontak yang terhapus pada HP, kontak tersebut harus tersinkronisasi terlebih dahulu, karena jika tidak secara otomatis kontak kamu pun tak bisa dikembalikan lagi.

Akan tetapi jangan khawatir dulu ya, guys! Pasalnya, ada sebuah aplikasi bernama EaseUS MobiSaver for Android yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembalikan kontak yang hilang dan terhapus tersebut.

BACA JUGA: Cara Mengembalikan Kontak WA yang Hilang Atau Tidak Sengaja Terhapus

Tak hanya itu, aplikasi ini pun bisa kamu gunakan agar bisa mengembalikan file-file lain yang terhapus karena corrupt (rusak) dan penyebab-penyebab lainnya.

Sekian, mengenai cara mengembalikan kontak terhapus di smartphone yang bisa kamu coba lakukan. Semoga bermanfaat!

Stay Connected

105,302FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here