Jumat, 14 Agustus 2020
Beranda Teknologi Aplikasi 7 Aplikasi untuk Melacak Siklus Menstruasi, Wanita Wajib Punya!

7 Aplikasi untuk Melacak Siklus Menstruasi, Wanita Wajib Punya!

RANCAH POST – Menstruasi merupakan proses biologis yang dialami oleh semua wanita. Walaupun siklus yang satu ini sudah dialami sejak masa remaja, akan tetapi tak semua wanita mengetahui apa yang sebenarnya terjadi selama siklus menstruasi. Oleh karena itu, alangkah baiknya kamu memasang aplikasi siklus menstruasi di Android kamu.

Tak sedikit wanita memang terkadang mengalami menstruasi yang tidak lancar, hingga adanya gejala kram atau PMS yang sering berubah-ubah. Biasanya hal ini pula yang menjadikannya sulit dan tentunya merepotkan.

Pada umumnya memang untuk mengetahui siklus menstruasi dilakukan secara manual, yakni dengan menandai kalender. Namun kini seiring dengan kemajuan teknologi, terdapat aplikasi siklus menstruasi yang bisa kamu gunakan di ponselmu sehingga kamu pun tak usah repot lagi mencatatnya di kalender.

Pada aplikasi-aplikasi berikut ini pun terdapat bermacam-macam fitur yang memudahkan kamu dalam mengetahui siklus, gejala, ovulasi, kesuburan dan yang lainnya. Penasaran apa saja aplikasinya? Ini dia beberapa diantaranya:

Aplikasi untuk Melacak Siklus Menstruasi

Periode Tracker Flo

Aplikasi siklus menstruasi Periode Tracker Flo
 

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan diu Android yakni Periode Tracker Flo. Aplikasi yang satu ini sangat membantu kamu karena bisa kamu jadikan sebagai kalkulator haid yang akurat dalam memprediksi waktu menstruasi, ovulasi sampai hari subur kamu.

Untukmu yang mempunyai siklus haid yang tak teratur, maka aplikasi ini sangatlah cocok kamu coba. Karena pada aplikasi ini pun kamu bisa menggunakan fitur kalender menstruasi dan kehamilan sehingga dapat bermanfaat untuk memprediksi bulan selanjutnya.

Period Tracker Period Calendar

Aplikasi siklus menstruasi Period Tracker Period Calendar
 

Aplikasi siklus menstruasi berikutnya bernama Period Tracker Period Calendar, dimana pada aplikasi ini sangat memungkinkanmu dalam melacak berbagai hal yang berkaitan dengan tanggal menstruasi, siklus, ovulasi, sampai kemungkinan pembuahan.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mencatat berat badan, suhu, gejala, dan suasana hati atau mood kamu.

Nah, jika kamu salah satu pasangan yang baru saja menikah dan ingin langsung mempunyai momongan, pada aplikasi ini terdapat fitur yang bisa kamu gunakan untuk menghitung siklus haid. Sehingga dengan begitu kamu bisa memaksimalkan program tersebut.

My Calendar

Aplikasi siklus menstruasi My Calendar
 

Aplikasi My Calendar ini bisa kamu gunakan untuk melacak siklus menstruasi yang dapat disesuaikan dengan para penggunanya. Baik kamu yang mengalami menstruasi dengan teratur maupun tak teratur bisa melacaknya menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini pun juga mempunyai fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengukur aliran darah, suhu, berat badan sampai suasana hati. Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, My Calendar ini juga cocok banget digunakan untuk para pasangan baru yang ingin merancanakan program kehamilan yang lengkap dengan prediksi masa subur.

Clue

Aplikasi siklus menstruasi Clue
 

Clue menjadi salah satu aplikasi yang menggunakan sains sehingga akan sangat bermanfaat untuk para penggunanya dalam mengidentifikasi pola unik dalam siklus menstruasi. Tak hanya pada Android saja namun aplikasi ini pun bisa digunakan di platform iOS.

Bahkan Jurnal Obstetrics & Gynecology menjadikan aplikasi Clue ini menjadi aplikasi pelacak menstruasi terbaik. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga dilengkapi dengan menu pelacak periode menstruasi, mood, kesehatan, dan juga olahraga.

Period Tracker

Aplikasi siklus menstruasi Period Tracker
 

Aplikasi siklus menstruasi selanjutnya ada Period Tracker yang akan sangat membantu kamu dalam memantau siklus menstruasi dan memberitahumu kapan akan terjadi lagi.

Aplikasi ini pun bisa mendeteksi durasi datang bulan, rasa sakit yang terjadi pada perut bagian bawah, migrain, kelembutan dada, dan lain sebagainya. Secara umum, aplikasi ini juga bisa mencatat dan menghitung rata-rata siklus menstruasi kamu pada 3 bulan terakhir, lho!

Period Diary

Aplikasi siklus menstruasi Period Diary
 

Aplikasi yang dirilis oleh Bellabeat ini menyuguhkan beragam infornmasi dengan kurang lebih 30 gejala PMS dan 20 mood yang dapat kamu catat yang tersambung pada aplikasi kalendermu. Secara umum aplikasi ini bisa melacak haid, ovulasi, kesuburan, gejala, suasana hati, berat badan, dan banyak lagi yang lainnya.

Aplikasi ini juga bisa mengetahui ovulasi dan kesuburan. Untuk menggunakan aplikasi ini kamu bisa menerapkan kata sandi sehingga kamu tak usah cemas lagi orang lain akan mengakses dan mengetahui apa yang sedang terjadi padamu.

Glow

Aplikasi siklus menstruasi Glow
 

Aplikasi siklus menstruasi bernama Glow yang juga bisa mencatat dan merekam gejala, mood, aktivitas seksual dan pengobatan pengguna. Aplikasi ini juga dapat memberikan informasi untuk penggunanya mengenai kesehatan melalui data yang bisa ditambahkan.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Aplikasi Kesehatan yang Bisa Membantu Anda Untuk Menerapkan Pola Hidup Sehat

Nah, untuk para pasangan yang ingin mengatur jarak kehamilan juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk bisa menemukan waktu yang tepat untuk bisa menghindari kehamilan, ataupun yang tepat untuk program kehamilan.

Nah itu dia sederet aplikasi siklus menstruasi yang bisa kamu download dan pasang di smartphone. Semoga bermanfaat, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,168FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan