Kamis, 6 Agustus 2020
Beranda Teknologi Aplikasi Bermanfaat Banget! Ini Dia 5 Aplikasi Khusus untuk Penyandang Tunanetra

Bermanfaat Banget! Ini Dia 5 Aplikasi Khusus untuk Penyandang Tunanetra

RANCAH POST – Seperti yang telah diketahui jika aplikasi-aplikasi smartphone kini banyak sekali bermunculan, dan pastinya aplikasi tersebut sangatlah canggih dan bermanfaat untuk semua orang tak terkecuali untuk para penyandang tunatetra. Beragam aplikasi tersebut dibuat memang khusus untuk membantu para tunanetra dalam menjalani aktivitasnya.

Aplikasi-aplikasi ini pun juga menggunakan teknologi ponsel pintar untuk bisa beroperasi dengan baik. Misalnya terdapat aplikasi yang berguna untuk mengidentifikasi atau mengenali mata uang rupiah.

Aplikasi tersebut bisa digunakan dengan kamera ponsel kemudian info yang dapat diproses ke dalam bentuk suara. Dengan begitu, para penyandang tunanetra akan lebih mudah mengetahui nominal mata uang yang mereka pegang.

Masih banyak pula aplikasi lainnya yang sangat berguna sekali untuk para penyandang tunanetra. Penasaran apa saja aplikasinya? Ini dia sederet aplikasi untuk tunanetra terbaik, antara lain:

Aplikasi untuk Tunanetra Terbaik

Ayobaca.in

Aplikasi untuk tunanetra Ayobaca.in

Aplikasi yang pertama ialah Ayobaca.in. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi baca buku yang bisa digunakan oleh para tunanetra. Pada aplikasi ini, penggunanya bisa berkontribusi untuk membacakan buku-buku yang nantinya bisa didengarkan oleh mereka yang tunanetra.

Dengan aplikasi ini, maka akan lebih banyak penggunanya yang dapat menjelajahi cerita-cerita dan juga ilmu pengetahuan yang terdapat pada buku yang telah disediakan di aplikasi tersebut.

TapTapSee

Aplikasi untuk tunanetra TapTapSee

Aplikasi untuk tunanetra lainnya ialah aplikasi TapTapSee yang dibuat khusus untuk tunanetra agar bisa mengidentifikasi objek-objek yang mereka temui di dalam kehidupan sehari-harinya.

Cara menggunakan aplikasi ini ialah dengan mengetuk layar ponsel mereka sebanyak dua kali untuk menangkap foto apa saja dari berbagai sudut. Lalu, aplikasi ini akan mengidentifikasi objek yang difoto dan mengatakannya (fitur Talkback perlu diaktifkan dulu).

Dengan adanya aplikasi ini, maka para penyandang tunanetra bisa lebih mudah dalam mengenali objek yang sebelumnya belum pernah mereka temukan. Aplikasi ini juga memiliki fitur lainnya misalnya notifikasi auto-fokus, mengidentifikasi gambar dan Camera Roll, membagikan identifikasi melalui pesan, email, media sosial, serta fitur lainnya yang tentunya sangat berguna.

MAS Jawa T-Netra

Aplikasi untuk tunanetra MAS Jawa T Netra

Aplikasi MAS Jawa T-Netra ini sekilas hampir sama dengan aplikasi TapTapSee. Namun, aplikasi ini dikhususkan dalam hal mengidentifikasi nilai mata uang agar para penyandang tunanetra tidak kesulitan dalam mengenali nominal mata uang rupiah yang mereka pegang.

Aplikasi untuk tunanetra ini pun tidaklah sulit untuk digunakan, hanya dengan membuka aplikasi dan mem-foto uangnya, maka akan mendapatkan feedback yang berupa suara dengan menyebutkan nilai mata uangnya.

Hebatnya lagi, aplikasi ini dikembangkan oleh para Mahasiswa Universitas Dipenegoro Semarang yang tergabung dalam Android Study Group Diponegoro University lho, guys.

Talking Notification Girl

Aplikasi untuk tunanetra Talking Notification Girl

Aplikasi Talking Notification Girl ini bisa digunakan para penyandang tunanetra dalam mengetahui banyaknya notifikasi yang masuk pada ponsel pintar yang mereka gunakan.

Notifikasi tersebut misalnya pesan, email, telepon, dan lain sebagainnya yang akan dibacakan oleh aplikasi ini sehingga penyandang tunanetra akan merasa mudah dalam mengenali apa yang masuk ke ponsel mereka.

Lazarillo GPS for Blind

Aplikasi untuk tunanetra Lazarillo GPS for Blind

Aplikasi untuk tunanetra kali ini bisa dijadikan seolah-olah menjadi seroang asisten petunjuk jalan untuk para tunanetra. Dengan mengandalkan GPS, maka aplikasi ini akan memberitahukan penggunanya mengenai tempat yang ada di sekitarnya.

Misalnya, jika di sekitaran tempat penyandang tunanetra itu terdapat jalan yang sedang ditapaki atau adanya persimpangan jalan, maka aplikasi ini secara otomatis akan memberikan notifikasinya.

BACA JUGA: Aplikasi Untuk Nonton Anime Sub Indo di Android dan iPhone

Lazarillo GPS for Blind ini juga bisa berjalan di belakang layar sehingga aplikasi akan tetap bekerja meskipun pengguna juga sedang menggunakan aplikasi yang lainnya. Hanya saja penggunaan GPS yang terus menerus akan cepat menguras daya baterai ponsel ya, guys.

Nah, gmana aplikasi untuk tunanetra di atas sangatlah bermanfaat bukan? Semoga kedepannya semakin banyak lagi aplikasi-aplikasi yang memang dibuat khusus bagi para tunanetra. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,225FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan