Rabu, 30 September 2020
Beranda Teknologi Beberapa Faktor Penyebab Sinyal Hilang di Smartphone

Beberapa Faktor Penyebab Sinyal Hilang di Smartphone

RANCAH POST – Akan sangat terasa menjengkelkan jika sedang dalam keadaan yang darurat namun sinyal di HP malah hilang. Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab sinyal di HP menjadi hilang?

Semua orang tentu sudah mengetahui jika sinyal di sebuah smartphone menjadi salah satu faktor yang sangat penting, apalagi untuk kebutuhan berkomunikasi maupun menjelajahi dunia maya atau internetan.

Apakah kamu mengatahui apa saja yang menjadi faktor penyebab sinyal yang hilang bisa terjadi pada HP kamu? Nah, ternyata ini dia beberapa hal yang akan menyebabkan sinyal tidak stabil dan bahkan hilang.

Beberapa Penyebab Sinyal Smartphone Hilang

Di luar cakupan area jaringan

Tanpa disadari, ternyata posisi atau lokasi di mana kamu sedang berada bisa sangat berpengaruh juga pada sinyal di HP yang kamu gunakan sehingga menyebabkan sinyalnya sering hilang.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena untuk beberapa provider memang terkadang tak mempunyai cakupan area yang luas sampai ke pelosok, maka jaringan seluler pun akan mengalami keterbatasan untuk beberapa titik lokasi saja.

Tak hanya di pelosok saja, bahkan di sejumlah lokasi yang ramai akan penduduk pun jaringan seluler bisa saja menghilang, lho. Oleh karena itu selalu pastikan untukmu menggunakan provider yang mempunyai cakupan area yang luas, ya!

Faktor cuaca

Penyebab sinyal hilang juga bisa disebabkan oleh faktor cuaca yang memang bisa dibilang hal ini menjadi salah satu yang sering sekali dialami oleh sebagian besar dari kita.

Pasalnya, tak semua provider telekomunikasi di Indonesia bisa bekerja dengan baik dan juga normal di segala kondisi cuaca. Misalnya saja pada saat tengah hujan deras yang juga disertai petir, kondisi ini biasanya akan mengakibatkan HP menjadi tak ada jaringan seluler atau sinyal.

Sedang ada perbaikan jaringan oleh operator

Agar selalu bisa memberikan yang terbaik untuk para penggunanya, biasanya sejumlah operator akan sering melakukan perbaikan jaringan guna menunjang kualitas layanan yang lebih maksimal.

Namun, sayangnya memang aktivitas pemeliharaan ini sering kali menjadi salah satu penyebab sinyal menjadi hilang timbul atau bahkan benar-benar mati.

Maka dari itu, sebelum berpikir untuk mengganti HP kamu pada yang baru karena berpikiran jika HP kamu mengalami kerusakan, alangkah baiknya kamu memastikan terlebih dahulu apakah orang disekitarmu juga mengalami hal yang sama.

Kerusakan pada hardware HP

Penyebab berikutnya juga bisa saja terjadi karena terdapat kerusakan pada salah satu komponen hardware HP yang kamu gunakan.

Jika dibandingkan dengan penyebab-penyebab sebelumnya, poin kali ini memang terbilang cukup fatal karena mau nggak mau kamu harus mengganti komponen yang rusak tersebut atau bahkan harus membeli HP yang baru.

Nah, untuk bisa memastikan jika penyebab jaringan seluler kamu hilang benar-benar disebabkan oleh komponen hardware HP, coba deh kamu tanyakan terlebih dahulu kepada ahlinya.

Ada aplikasi atau software yang bermasalah

Selain Hardware, permasalahan pada software HP atau aplikasi yang sedang kamu gunakan pun bisa menjadi salah satu penyebab sinyal menjadi hilang lho, guys!

Dalam beberapa kasus, hal ini biasanya terjadi karena adanya bug atau error di software atau aplikasi. Namun, jika ternyata semuanya baik-baik saja, kamu bisa memperbaikinya dengan mencari tahu cara mengatasi sinyal tidak muncul di internet.

Signal receiver HP yang bermasalah

Seperti yang diketahui jika komponen signal receiver mempunya peranan yang sangat penting untuk menerima sinyal yang dikirimkan oleh transmitter. Oleh karena itu, jika komponen yang satu ini mengalami masalah, maka tak heran jika akhirnya HP kamu menjadi tak ada jaringan selulernya sama sekali.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Sinyal Smartphone Android Lemah Tidak Stabil

Nah, itulah beberapa fakto yang akan menjadi penyebab sinyal menjadi hilang yang harus kamu ketahui. Semoga dengan mengetahui beberapa penyebab di atas kamu tak akan terburu-buru dalam mengambil keputusan ya, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,941FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan