Senin, 13 Juli 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 3 Metode Mudah Cara Screenshot Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro

3 Metode Mudah Cara Screenshot Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro

RANCAH POST – Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan tentang cara melakukan screenshot di Mi Note 10 dan Mi Note 10 Pro. Kurang afdol rasanya jika cara screenshot Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro luput dari pembahasan.

Setelah sukses meresmikan duo Mi Note 10, Xiaomi kembali merilis ponsel flagship miliknya di Indonesia yang bernama Mi 10.

Mirip dengan di negara asalnya, acara peluncuran Mi 10 di Tanah Air juga digelar secara online lewat flatform YouTube resmi perusahaan, Xiaomi Indonesia.

Penerus dari Mi 9 ini dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni dan boleh diadu dengan ponsel lain sekelasnya.

Mulai dari tampilan depan, Xiaomi Mi 10 mebawa layar AMOLED berbentang 6.67 inci yang menghasilkan resolusi Full HD+ serta dilengkapi refresh rate 90 Hz dan fitur HDR10.

Di pojok kiri atas terdapat hiasan lubang (punch hole) yang dijadikan sebagai tempat bersemayamnya kamera selfie beresolusi 20 MP.

Sedangkan di belakang, ponsel ini mengemas konfigurasi quad camera yang disusun berjajar vertikal.

Adapun kamera belakang Mi 10 terdiri dari kamera utama 108 MP, ultrawide 13 MP, kamera makro 2 MP dan kamera ToF 3D 2 MP.

Beralih ke bagian jeroan, Mi 10 dibekali chipset teranyar Qualcomm, yakni Snapdragon 865 yang dipadankan bersama RAM LPDDR5 8 GB dan memori internal UFS 3.0 berkapasitas 256 GB.

Berbicara soal screenshot, terdapat tiga cara berbeda untuk melakukan screenshot di hp Xiaomi Mi 10, yaitu tombol fisik, fitur bawaan dan 3 jari.

Seperti cara penggunaannya? Simak pemaparannya berikut ini.

Cara Screenshot Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro

Tombol Fisik

Ya, cara yang pertama adalah dengan menggunakan perpaduan dua tombol fisik. Adapaun kedua tombol yang dimaksud tersebut adalah tombol power dan volume bawah.

Cara penggunaanya sangatlah mudah, tinggal arahkan layar pada area yang hendak di screenshot, lalu tekan dan tahan Tombol Power + dengan Volume Bawah secara bersamaan.

Screenshot Xiaomi Mi 10 dengan tombol fisik
Screenshot Xiaomi Mi 10 dengan tombol fisik. (IST)

Tunggu hingga layar berkedip dan muncul bunyi rana kamera, setelah itu barulah Anda lepaskan.

Fitur Bawaan

Melanjutkan tradisi para pendahulunya, Mi 10 juga dilengkapi dengan fitur screenshot bawaan, yaitu diletakan di bar notifikasi.

1. Langkah pertama, tentukan area yang hendak Anda ambil gambar cuplikan layarnya.

2. Selanjutnya, swipe atau usap layar dari atas ke bawah untuk memunculkan menu Screenshot dari bar notifikasi.

Screenshot Xiaomi Mi 10 tanpa tombol
Screenshot Xiaomi Mi 10 tanpa tombol. (IST)

3. Kemudian silahkan Anda klik dan pilih menu Screenshot atau Tangkapan Layar yang berlogo gunting.

4. Setelah Anda mengklik icon tersebut, maka layar Mi 10 Anda berkedip dan muncul bunyi shutter kamera. Selesai, segera cek hasilnya di Galeri.

3 Jari

Lain halnya dengan cara pertama dan kedua yang tanpa membutuhkan penyettingan apapun, untuk bisa menggunakan cara ini Anda diharuskan mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu.

Mudah kok, tinggal buka menu Setting atau Pengaturan > Setelan Tambahan > Pintasan Tombol dan Gerakan > Ambil Screenshot > Kemudian pilih dan aktifkan Screenshot 3 Jari seperti pada gambar berikut ini.

Cara mengaktifkan fitur screenshot tiga jari di HP Xiaomi
Cara mengaktifkan fitur screenshot tiga jari di HP Xiaomi. (IST/SS)

BACA JUGA: Cara Screenshot Advan G5, Ponsel Dengan Desain Menawan Harga Sejutaan

Setelah aktif, tiap kali Anda ingin mengambil screenshot cukup usap layar menggunakan tiga ujung jari Anda dari atas ke bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,361FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan