Senin, 6 Juli 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cegah Corona, Ini Dia 5 Aplikasi Belajar Online Gratis Untuk Seluruh Siswa...

Cegah Corona, Ini Dia 5 Aplikasi Belajar Online Gratis Untuk Seluruh Siswa di Indonesia

RANCAH POST – Guna mengantisipasi penyebaran virus corona, beberapa sekolah di Indonesia memilih untuk memberhentikan kegiatan belajar mengajar di kelas dan menggantinya dengan menyuruh para murid-muridnya untuk belajar di rumah. Oleh sebab itu, aplikasi belajar online gratis pun mulai dilirik oleh para orang tua.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) menyediakan platform Rumah Belajar yang bisa diakses melalui browser ataupun langsung via aplikasi yang dapat diunduh secara gratisan di Google Play Store.

Fitur unggulan yang ditawarkannya pun cukup banyak dan beragam mulai dari Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal.

Aplikasi Rumah Belajar ini dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Selain Rumah Belajar, ternyata masih ada beberapa aplikasi belajar online yang ikut mendukung langkah antisipatif Kemendikbud untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Indonesia dengan cara memberikan layanan secara gratis alias cuma-cuma.

Berikut 5 aplikasi belajar online yang memberikan layanan gratis dan dapat diakses secara umum yang sudah berhasil Rancah Post rangkum. Cekidot!

Daftar Aplikasi Belajar Online Gratis

Ruangguru

Aplikasi belajar online
Aplikasi belajar online. (IST/NET)

Aplikasi yang pertama adalah Ruangguru, mereka menyediakan program sekolah online gratis setiap hari dimulai sejak Senin, 16 Maret 2020 yang dimulai dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB setiap Senin sampai Jumat.

Program sekolah online tersebut tersedia untuk semua jenjang kelas dan akan dipandu oleh guru dari Ruangguru yang bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna yang sudah berlangganan ataupun belum.

Zenius

Aplikasi belajar online tanpa bayar
Aplikasi belajar online tanpa bayar. (IST/NET)

Selanjutnya ada aplikasi bernama Zenius yang memberikan layanan belajar mandiri gratis dalam rangka persiapan Ujian Nasional.

Di dalam aplikasi ini, penggunanya dapat mengakses ribuan video materi belajar yang lengkap untuk SD, SMP dan SMA.

Google Classroom

Aplikasi belajar online SMP
Aplikasi belajar online SMP. (IST/NET)

Aplikasi Google Classroom juga memberikan layanan untuk membantu guru dan siswa melakukan aktivitas belajar-mengajar di mana pun dan kapan pun, baik secara online maupun offline.

Dalam aplikasi ini para guru dapat membuat percakapan tertulis, memberikan tugas, memberikan penilaian, bahkan streaming video.

Kelas Pintar

Aplikasi belajar online Kemendikbud
Aplikasi belajar online Kemendikbud. (IST/NET)

Kelas Pintar memberikan layanan gratis selama satu bulan penuh untuk para guru dan siswa di seluruh Indonesia. Sama seperti Ruangguru, aplikasi ini juga menyediakan beragam materi pembelajaran untuk para siswa.

Pendiri Kelas Pintar, Fernando Uffie mendukung langkah antisipatif Kemendikbud untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Menurutnya, penghentian kegiatan belajar mengajar di sekolah, tidak harus membuat proses belajar siswa terhenti.

Sekolahmu

Aplikasi belajar online gratis dari pemerintah
Aplikasi belajar online gratis dari pemerintah. (IST/NET)

Materi pelajaran yang ada di aplikasi Sekolahmu telah disusun dengan melibatkan sejumlah instansi pendidikan dan dapat diakses melalui aplikasi maupun situs resminya.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Rekam Layar Terbaik 2020, Cocok Untuk Semua Tipe HP Android

Saat ini aplikasi Sekolahmu mengratiskan semua layanananya seiring dengan kebijakan pemerintah yang menghimbau para murid-murid sekolahan di seluruh Indonesia belajar di rumah akibat wabah corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,391FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan