RANCAH POST – Otentikasi dua faktor atau verifikasi dua langkah WhatsApp merupakan fitur opsional yang sengaja diciptakan oleh pihak pengembangnya untuk memberikan keamanan tambahan pada setiap akun WhatsApp penggunanya.

Apabila fitur verifikasi dua langkah ini diaktifkan, setiap upaya untuk memverifikasi nomor telepon dan juga mengakses aplikasi WhatsApp para penggunanya harus memasukkan enam digit PIN yang sudah dibuat sebelumnya.

Hal ini tentu akan membuat akun WhatsApp Anda aman dari tangan-tangan usil dan jahil yang mencoba untuk membobol akun WhatsApp milik Anda.

Bagi Anda yang belum menggunakan fitur ini dan merasa penasaran untuk mencobanya tapi belum mengetahui caranya, simak tutorial lengkapnya berikut ini.

Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah WhatsApp

1. Buka aplikasi WhatsApp yang sudah terinstall di perangkat Anda kemudian klik tombol titik tiga yang berada di pojok kanan atas dan pilih menu Setelan.

Cara mengaktifkan otentikasi dua faktor di WhatsApp untuk Android
Cara mengaktifkan otentikasi dua faktor di WhatsApp untuk Android. (SS)

2. Setelah berada menu Setelan > Akun > Verifikasi Dua Langkah > Aktifkan.

Cara menggunakan fitur otentikasi dua faktor di WhatsApp
Cara menggunakan fitur otentikasi dua faktor di WhatsApp. (SS)

3. Buat 6 digit PIN sesuai keinginan Anda dan masukkan kembali PIN yang sudah Anda buat tadi untuk dikonfirmasi.

Cara mengatur autentikasi dua faktor di WhatsApp
Cara mengatur autentikasi dua faktor di WhatsApp. (SS)

4. Selesai membuat PIN, Anda akan diminta untuk menambahkan alamat email aktif yang nantinya dapat dipergunakan untuk menyetel ulang PIN jika Anda lupa dan juga untuk melindungi akun Anda. Konfimasikan alamat email Anda lalu klik tombol Simpan.

Cara mengaktifkan two factor authentication WhatsApp
Cara mengaktifkan two factor authentication WhatsApp. (SS)

6. Selesai, fitur verifikasi dua langkah WhatsApp berhasil Anda aktifkan.

Verifikasi dua langkah WA
Verifikasi dua langkah WA. (SS)

Aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook ini memang tidak akan melakukan verifikasi email, tapi pihak WhatsApp sendiri sangat merekomendasikan untuk memberikan alamat email yang masih aktif dan bisa dihubungi untuk berjaga-jaga ketika akun Anda terkunci karena lupa PIN.

BACA JUGA:

Selamat mencoba.

Share.

Leave A Reply